Mengulik Plus Minus Baking Soda untuk Atasi Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah bahan-bahan di dapur yang diklaim bisa mengatasi jerawat, termasuk soda kue atau baking soda. Di media sosial, banyak pemengaruh kecantikan atau beauty enthusiast yang menerapkan pemakaian bubuk berwarna putih itu saat berjerawat. Sebenarnya, apakah baking soda bermanfaat mengatasi jerawat? Berikut pemaparan para dokter kulit dalam mengulik plus minus baking soda untuk atasi jerawat.

Baking Soda Bersifat Anti-inflamasi dan Antiseptik

Menurut Kiran Mian, dokter kulit medis dan estetika bersertifikat di Hudson Dermatology and Laser Surgery di New York, Amerika Serikat, baking soda memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Sementara itu, lesi jerawat sering kali dipicu oleh adanya bakteri yang memakan sebum dan mengeluarkanperadangan. Di kondisi itu, baking soda dapat membantu mengurangi jerawat dan mengurangi peradangan, yang pada dasarnya 'mengeringkan' jerawat berwarna merah muda dan berair.

Alkalinitas Baking Soda Bisa Membantu Menyeimbangkan pH Kulit

Baking soda juga memiliki pH yang sangat basa. "Dalam beberapa kasus, kulit yang rentan berjerawat bisa jadi terlalu asam, jadi penggunaan produk yang bersifat basa sesekali dapat membantu menyeimbangkan kembali kulit," jelas Geeta Yadav, dokter kulit bersertifikat dan Pendiri FACET Dermatology di Toronto, Kanada, dikutip dari Real Simple, 11 IOktober 2023.

Baking Soda Bisa Mengiritasi dan Mengeringkan Kulit

Kulit kita secara alami bersifat asam, dan itu penting agar kulit dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda menggunakan baking soda yang bersifat basa terus-menerus dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan, Dr. Mian memperingatkan.

Dia menambahkan baking soda huga dapat membuat kulit lebih sensitif dan menyebabkan pelindung kulit tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan baking soda untuk mengatasi jerawat dengan cara yang tepat sasaran dan tidak berlebihan.

Cara Menggunakan Baking Soda untuk Jerawat

Pertama dan terpenting, Anda sebaiknya hanya mempertimbangkan untuk menggunakan baking soda jika kulit Anda berminyak atau rawan berjerawat. Pemilik kulit kering tidak disarankan mengunakan baking soda. Kedua, gunakan baking soda sebagai pada jerawat tertentu, bukan sebagai masker wajah menyeluruh, Dr. Yadav memperingatkan.

Jika ingin menggunakan baking soda untuk atasi jerawat, campurkan sekitar setengah sendok teh baking soda dengan air secukupnya hingga menjadi pasta, diamkan selama 10 menit, lalu bilas, saran Dr. Mian. Sebaiknya lakukan langkah ini sekali seminggu atau sekali saja dalam kondisi mendesak.

Pilihan Editor: Mencegah Masalah Jerawat dengan Pemilihan Perawatan Kulit yang Tepat

IVANA FELYSITASWATI PALLA | REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."