Kekurangan Vitamin Bisa Menyebabkan Jerawat, Begini Penjelasan Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAda sejumlah penyebab munculnya jerawat. Mulai dari perubahan hormon, produk kecantikan baru, dan bahkan lingkungan bisa menjadi pemicu. Namun tahukah Anda bahwa jerawat bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin?

"Nutrisi adalah komponen perawatan jerawat yang sering dilupakan, dan ada penelitian yang sedang berlangsung tentang hubungan antara kekurangan vitamin dan jerawat," kata Dusan Sajic, dokter kulit dan estetik, dikutip dari PopSugar, Selasa, 1 Agustus 2023.

"Meskipun hubungan antara nutrisi dan jerawat itu kompleks dan tidak sepenuhnya dipahami, itu adalah bidang yang terus dieksplorasi. Jadi jika Anda berjuang melawan jerawat yang kebal, mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk kemungkinan penyebabnya kekurangan vitamin," lanjutnya.

Jika Anda penasaran dengan hubungan antara jerawat dan kadar vitamin, Dr. Sajic menjelaskan dengan tepat kategori vitamin apa yang harus Anda perhatikan, serta faktor lain yang harus Anda perhatikan untuk kesehatan kulit yang lebih baik secara keseluruhan.

Bisakah Kekurangan Vitamin Menyebabkan Jerawat?

Meskipun penyebabnya belum terbukti, Dr. Sajic mengatakan ada beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan antara kekurangan berbagai vitamin dengan tingkat keparahan jerawat.

"Kekurangan yang paling tergambar dengan baik yang menyebabkan memburuknya jerawat adalah vitamin D," kata Dr. Sajic.

"Sebuah studi baru-baru ini yang mengamati semua makalah yang tersedia menunjukkan bahwa semakin rendah kadar vitamin D Anda, semakin besar kemungkinan jerawat Anda akan semakin parah."

Dalam menjaga kesehatan kulit, vitamin D berperan dalam mengurangi peradangan dan mengendalikan produksi sebum, zat berminyak yang dapat menyebabkan jerawat saat menumpuk, menurut Dr. Sajic.

Kaitan Kekurangan Vitamin dengan Jerawat

Jika Anda berjuang melawan jerawat yang kebal, Dr. Sajic juga merekomendasikan pengujian untuk beberapa kekurangan vitamin. "Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan jerawat, tetapi kekurangan vitamin A yang sebenarnya jarang terjadi, dan mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan juga bisa berbahaya, jadi penting untuk mendapatkan jumlah yang tepat, jika kadarnya rendah," katanya.

Selain itu, vitamin E adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan dan membantu penyembuhan, dan vitamin B — niasin (B3) dan asam pantotenat (B5) — masing-masing dapat membantu mengurangi peradangan dan mengatur produksi minyak. Kekurangan vitamin tersebut bisa memicu masalah kulit termasuk jerawat.

Cara Mengenali Jerawat Akibat Kekurangan Vitamin

Cara terbaik untuk mengetahui apakah jerawat Anda mungkin karena kekurangan vitamin adalah pergi ke layanan kesehatan. "Jika seseorang memiliki pola makan seimbang tetapi masih mengalami jerawat yang membandel, kemungkinan besar faktor lain seperti hormon, bakteri, atau genetika berperan," kata Dr. Sajic.

Namun, jika ternyata kadar vitamin Anda mungkin memengaruhi kulit Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil. "Mungkin bermanfaat untuk menutrisi ulang dan 'menutrisi kembali' kulit Anda dengan bahan topikal dan krim yang mengandung vitamin ini di dalamnya," kata Dr. Sajic.

"Niacinamide dan vitamin A - atau retinoid - khususnya merupakan tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulit Anda. Adaptogen seperti teh hijau dan hidroksitirosol juga secara alami membuat kulit Anda lebih kenyal," sambungnya.

Meskipun mengatasi kadar vitamin dapat memberikan beberapa arahan dalam memahami perjalanan Anda dengan jerawat, penting untuk diingat bahwa itu hanyalah salah satu bagian yang diperlukan untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Jangan memulai rutinitas suplemen tanpa terlebih dahulu berbicara dengan layanan kesehatan Anda. Dan yang paling penting, bersabarlah dengan prosesnya. Jerawat memengaruhi ribuan orang setiap tahun, dan tidak ada dua kasus yang sama, jadi luangkan waktu untuk memahami dan merawat kulit Anda dengan bimbingan ahli kulit.

Pilihan Editor: Mencegah Masalah Jerawat dengan Pemilihan Perawatan Kulit yang Tepat 

AN NISA RISTIANTI | POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."