Di Usia Ini, Bayi Baru Lahir Tidur Sepanjang Malam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayi tidur. Foto: Freepik.com/user18526052

Ilustrasi bayi tidur. Foto: Freepik.com/user18526052

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada alasan mengapa banyak orang tua baru merasa lelah sepanjang waktu, salah satunya jadwal tidur bayi jauh berbeda dari biasanya orang dewasa. Jika Anda adalah orang tua baru, Anda mungkin mengetahui hal ini dengan baik dan telah berusaha keras untuk menyesuaikan waktu tidur Anda dengan waktu tidur bayi Anda yang baru lahir. Lalu, timbul pertanyaan kapan bayi baru lahir tidur sepanjang malam?

Sayangnya, meskipun bayi baru lahir dan bayi membutuhkan banyak tidur. Biasanya waktu tidur mereka dibagi menjadi beberapa periode yang sangat singkat. Bayi baru lahir biasanya hanya tidur selama dua hingga tiga jam, sering terbangun untuk menyusu sekitar satu jam atau lebih sebelum kembali tidur.

Ya, minggu-minggu awal itu penuh tantangan. Namun kabar baiknya, jadwal tidur bayi baru lahir hanya bersifat sementara. Hal ini bergantung pada beberapa faktor seperti berikut

Kapan Bayi Baru Lahir Tidur Sepanjang Malam?

Untuk mengukur kapan bayi baru lahir Anda akan tidur sepanjang malam, penting untuk memahami alasan mereka terbangun. Meskipun bayi membutuhkan banyak tidur, mereka mungkin terbangun sepanjang malam karena berbagai alasan.

“Bayi perlu sering menyusu, terutama di awal kehamilan, agar mereka mendapat nutrisi yang cukup, bertumbuh, dan membantu menjaga suplai ASI,” kata Tiffany Kimbrough, MD, dokter anak dan direktur medis Unit Ibu-Bayi di Rumah Sakit Anak dari Richmond di VCU, Amerika Serikat, dikutip dari Pop Sugar, Kamis, 2 November 2023.

“Bukan hal yang aneh bagi bayi yang menyusui untuk lebih sering terbangun di malam hari selama minggu-minggu awal untuk membantu membangun ritme makan yang sehat.”

Tidak mengherankan, bayi kecil memiliki perut yang kecil. Inilah sebabnya mengapa mereka biasanya perlu makan setiap dua hingga empat jam tetapi mungkin merasa lapar setiap satu hingga tiga jam selama beberapa minggu dan bulan pertama.

Tentu saja, ini berarti beberapa sesi makan harus dilakukan di tengah malam selama jam tidur normal. Untuk memastikan bayi Anda mendapat nutrisi yang cukup, Anda mungkin harus membangunkannya untuk menyusu. Bangun setiap beberapa jam di tengah malam bukanlah hal yang ideal, namun penting bagi bayi yang sedang berkembang untuk sering makan.

Anda mungkin merasa kurang tidur selama beberapa minggu pertama, namun dalam beberapa bulan, bayi mulai tidur lebih lama. Secara khusus, sekitar usia tiga bulan, bayi biasanya dapat tidur hingga lima jam setiap kalinya, menurut laporan Mayo Clinic.

Meskipun ini bukan istirahat malam penuh bagi orang dewasa, ini adalah awal yang baik. Seiring bertambahnya usia bayi, perut mereka juga bertambah dan kemampuan mereka untuk tetap kenyang lebih lama. Pada usia sembilan bulan, banyak bayi yang mampu tidur delapan hingga 10 jam tanpa terbangun untuk menyusu di malam hari, catat MedlinePlus.

“Banyak bayi yang mulai tidur enam hingga delapan jam di malam hari tanpa terbangun pada usia sekitar empat hingga enam bulan,” jelas Dr. Kimbrough. Namun, dia menambahkan peringatan penting bahwa rutinitas tidur setiap bayi berbeda. Bayi Anda mungkin tidak tidur sepanjang malam selama berbulan-bulan.

Diperlukan waktu hingga satu tahun bagi beberapa bayi untuk tidur sepanjang malam, catat Johns Hopkins Medicine. Jika bayi Anda belum mencapai tahap ini, itu adalah hal yang normal.

Cara Membantu Bayi Tidur Sepanjang Malam

Seperti halnya orang dewasa, rutinitas tidur penting bagi bayi. Mereka sering disamakan dengan spons karena mereka menyerap informasi sepanjang waktu, jadi menerapkan rutinitas tidur untuk bayi Anda akan membantunya mengenali pola tersebut sejak dini.

“Tetapkan rutinitas waktu tidur yang sehat sejak dini,” saran Dr. Kimbrough. Dia merekomendasikan meredupkan lampu dan menyejukkan ruangan saat waktu tidur semakin dekat.

“Anda dapat menambahkan sedikit struktur pada malam hari bayi Anda pada minggu keempat hingga enam, seperti waktu mandi atau waktu bercerita sebelum tidur. Bayi akan mulai memahami isyarat malam hari, jadi sekitar tiga hingga empat bulan, bayi mungkin dapat tidur terus-menerus," imbuhnya.

Tidur siang di siang hari juga membantu bayi tidur di malam hari. Beberapa orang tua mencoba untuk membuat bayinya tetap terjaga di siang hari dengan harapan mereka akan lelah dan siap untuk tidur malam yang panjang di malam hari, namun gagasan ini bisa menjadi bumerang.

Bayi yang terlalu lelah bahkan lebih sulit tidur dibandingkan bayi yang tidur siang. “Melewatkan tidur siang sebenarnya bisa berdampak negatif pada tidur malam hari,” kata Dr. Kimbrough.

Sangat mudah untuk membandingkan bayi Anda dengan bayi orang lain, tetapi ingatlah setiap bayi memiliki fase tumbuh kembang yang berbeda. Jika Anda punya kerisauan tentang bayi Anda, diskusikan dengan dokter bayi Anda. 

“Bicarakan dengan dokter anak Anda tentang kebiasaan tidur dan kekhawatiran apa pun yang Anda miliki,” kata Dr. Kimbrough. "Jika bayi baru lahir Anda tampak sakit atau kesakitan, atau jika kurang tidur di malam hari membuat Anda semakin stres, segera hubungi dokter bayi Anda di sela-sela waktu janji temu untuk mendapatkan bantuan pemecahan masalah dan menemukan solusi yang tepat bagi keluarga Anda," ungkapnya.

Pilihan Editor: Simak Bahaya Memberikan Air Putih kepada Bayi Baru Lahir

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."