Digelar 10 November 2023, Simak 6 Agenda Kotabaru Avond Feest 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Replika gerbang Kotabaru Avond Feest di Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Replika gerbang Kotabaru Avond Feest di Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekan depan, bertepatan pada Hari Pahlawan 10 November, ada acara bertajuk Kotabaru Avond Feest atau Pesta Senja Kotabaru di Yogyakarta. Berlokasi di kawasan Cagar Budaya Kotabaru Yogyakarta, acara ini menyuguhkan sederet hiburan menarik menyambut wisatawan.

Konsep wisata malam premium di pusat Kota Yogyakarta itu bakal menampilkan potret Kotabaru yang mempunyai karakteristik taman kota atau garden city era kolonial dengan kepungan fasad bangunan berarsitektur indische.

"Event ini terbuka untuk umum, sebagai upaya mengenalkan kalau ada wisata malam menarik di kawasan heritage Kotabaru," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati pada Kamis, 2 November 2023.

Kotabaru Avond Feest 2023 bakal dipusatkan di Jalan I Dewa Nyoman Oka atau sepanjang depan Gereja HKBP hingga perempatan Jalan Ungaran mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB.

Berikut enam agenda Kotabaru Avond Feest 2023

1. Panggung Boulevard

Panggung yang mengiringi pengunjung memasuki kawasan Kotabaru Avond Feest dengan menyajikan musisi dari komunitas Cantabille Yogyakarta mulai dari pukul 16.00 - 22.00 WIB.

2. Bazaar Senja

Di antara trotoar dan boulevard setelah gerbang akan ada booth-booth penjaja makanan, kerajinan, barang lawasan, pendukung, serta booth permainan interaktif. Bazar akan berlangsung mulai pukul 15.00 - 22.00 WIB.

3. Panggung Senja

Panggung ini menghadirkan penampil yang mengajak para pengunjung untuk berdendang dan berdansa bersama, mulai pukul 15.00 - 17.00 WIB mengisi senja hari di Kotabaru. Untuk para penampil ialah Hoss Band dan Los Fungos.

4. Dansa Senja

Para pedansa senja merupakan komunitas dari Hoss Band, Jogja Salsa Community, dan para pengunjung yang datang sejak senja hari, mengikuti irama dari musisi Panggung Senja.

5. Jamuan Kotabaru

Merupakan rekontruksi jamuan makan pada masa kolonial, meja bundar, menu makanan disesuaikan dengan khazanah pada zaman kolonial. Para tamu diwajibkan untuk berdandan ala kolonial.

6. Panggung Kotabaru

Merupakan panggung yang menghadirkan penampil utama atau pilihan yang akan lebih memeriahkan pergelaran Kotabaru Avond Feest.

Andrini mengatakan, gelaran ini coba merekonstruksi ruang, mensimulasi, dan membaca kembali lintasan zaman yang pernah dilalui Kotabaru.

"Kotabaru dibangun sebagai kawasan bangsa Eropa di Yogyakarta, dengan konsep garden city atau kota di dalam taman," kata dia. "Konsep itu yang membuat Kotabaru memberikan perspektif lain dalam tata kawasan kota dengan artsitektur yang ikonik, mengingat Kotabaru juga ikon perjuangan masyarakat Yogyakarta untuk republik," jelas Andrini.

Dia menambahkan Kotabaru adalah contoh kawasan toleran dengan ragam tempat ibadah di dalamnya yang saling berdampingan. Kotabaru dikenal menjadi kawasan favorit hunian para pensiunan karena dirasa teduh dan tenang. Kotabaru pun kini banyak berdiri kafe dan restoran.

"Kotabaru sebagai ruang secara fungsi dan historis dapat menjadi penanda zaman yang dilalui, sekaligus menjadi kawasan yang digadang menjadi pemecah keramaian Malioboro," pungkasnya.

Pilihan Editor: Cerita Belanja di Teras Malioboro 1, Penjual Informatif dan Bisa Bayar Pakai QRIS

PRIBADI WICAKSONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."