Cerita Belanja di Teras Malioboro 1, Penjual Informatif dan Bisa Bayar Pakai QRIS

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tampak Depan Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Kamis malam, 31 Agustus 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Tampak Depan Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Kamis malam, 31 Agustus 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Yogyakarta - Saat jalan-jalan ke Yogyakarta, Teras Malioboro 1 adalah salah satu rekomendasi tempat yang menjajakan aneka produk khas kota pelajar itu dan sekitarnya. Ini pilihan tempat yang cocok untuk membeli oleh-oleh bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dikutip dari situs resminya, Teras Malioboro 1 diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 26 Januari 2022. Teras Malioboro merupakan tempat beraktivitas baru bagi para pedagang kaki lima yang dulunya berjualan di sepanjang Kawasan Malioboro, Yogyakarta. Dari segi lokasi, Teras Malioboro 1 berada di Gedung Eks Bioskop Indra, tepat berada di seberang Pasar Beringharjo. 

Menurut pengalaman Cantika kala bertandang ke Teras Malioboro 1 di malam hari pada akhir Agustus silam, bangunan tiga lantai ini bergaya industrial modern dengan langit-langit tinggi dari besi dan tanpa plafon. Udara terasa sejuk, meski tanpa pendingin ruangan.

Tempat belanja ini juga dilengkapi eskalator dan lift. Bangunan dengan lantai semen ini terbilang bersih tanpa ada sampah di pojokan. Penataan setiap kios juga terbilang rapi.

Suasana penjual dan pembeli di Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Kamis malam, 31 Agustus 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Di Teras Malioboro 1, Anda bisa membeli beragam jenis suvenir, kerajinan tangan dari bahan alami, batik, kaus oblong khas Jogja, daster, tas, topi, sandal, gantungan kunci, aksesori hingga kuliner khas Yogyakarta seperti bakpia.

Dari segi harga cukup terjangkau, dari belasan ribu hingga ratusan ribu tergantung jumlah barang yang dibeli. Anda bisa membeli tiga celana panjang batik atau tiga kaos oblong khas Jogja seharga Rp150.000.

Untuk harga daster mulai dari Rp50.000. Adapula one set berupa celana dan luaran atau outer batik yang dibanderol Rp150.000. Bagi yang ingin membelikan baju untuk buah hati atau keponakannya, ada banyak pilihan blus dan celana batik senilai Rp150.000 untuk tiga buah. Oiya, Anda juga bisa menawar harga untuk beberapa barang tertentu.

Para penjual Teras Malioboro 1 terbilang ramah dan informatif. Mereka akan menjelaskan dengan ramah motif batik dari busana yang Anda beli ataupun menunjukkan kios yang Anda ingin tuju jika tak punya banyak waktu mengelilingi Teras Malioboro 1 dari satu lantai ke lantai lain.

Terdapat penanda arah blok-blok kios di Teras Malioboro 1, Yogyakarta. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Oiya, jika Anda tak bawa uang tunai saat belanja di Teras Malioboro 1, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa membayar lewat transfer ataupun QRIS. Para penjual di sana sudah melek transaksi digital. 

Jika Anda lapar atau ingin salat saat berada di Teras Malioboro 1, Anda bisa menuju ke arah pintu keluar yang juga pintu masuk, lalu belok kiri. Di area tersebut, terdapat pujasera yang menawrkan aneka makanan dan minuman mulai dari nasi gudeg, soto ayam atau daging, nasi goreng, nasi ayam geprek, nasi bebek, mi ayam hingga wedang ronde. 

Pujasera di Teras Malioboro 1, Yogyakarta. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Bagi Anda yang ingin menunaikan salat, di dekat pujasera terdapat musala yang cukup besar dan bersih. Jika Anda ingin mengabadikan momen saat berada di Teras Malioboro 1 terdapat beberapa spot foto yang estetik. Di halaman tersebut juga terdapat sejumlah bangku untuk beristirahat setelah mengitari Teras Malioboro 1 atau sekadar menikmati sejuknya udara di sekitar pepohonan.

Sudut foto di Teras Malioboro 1, Yogyakarta. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Agar lebih nyaman, para pengunjung ada baiknya mengetahui lokasi-lokasi parkir yang berdekatan dengan Teras Malioboro 1. Kantong parkir di Jalan Beskalan, Parkir Selatan Pasar Beringharjo, Parkir depan Taman Pintar, Parkir depan Shopping Center-TBY, adalah rekomendasi tempat parkir motor dan mobil pribadi terdekat dari Teras Malioboro 1. Dan, perlu diingat juga waktu operasional Teas Malioboro 1 dari pukul 8 pagi hingga 10 malam.

Pilihan Editor: Kopi Tempuran, Tempat Kerja Kolaboratif yang Memanjakan Mata

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."