Mengenal Didit Hediprasetyo, Putra Tunggal Prabowo Subianto yang Aktif di Dunia Fashion

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Didit Hediprasetyo/Foto: Instagram/Satkaraa

Didit Hediprasetyo/Foto: Instagram/Satkaraa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di tengah moncernya nama Prabowo Subianto sebagai bakal calon Presiden Indonesia periode selanjutnya, mari mengenal Didit Hediprasetyo, putra tunggal Prabowo bersama Situ Hediati atau Titiek Soeharto. Dengan nama lengkap Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo, Didit lahir di Jakarta pada 22 Maret 1984.

Nama Didit Hediprasetyo jarang disorot dalam dunia politik, tetapi berbeda dengan sang ayah yang aktif di bidang politik dan militer, nyatanya sosok Didit sangat bersinar di dunia fashion. Tidak hanya di Indonesia, Didit juga aktif berkarir di kota pusat mode dunia, Paris, Prancis.

Memulai Karier dengan Sekolah Fashion

Didit memulai perjalanan karirnya dengan mengenyam pendidikan fashion di Sekolah Desain Persons New York dan dilanjutkan ke École Parsons à Paris. Sembari menjalani pendidikan, Didit juga mengambil kursus melukis, sejarah seni, dan fotografi. Kemudian Didit berhasil lulus dan menyandang gelar Bachelor of Fine Arts pada 2007.

Saat Didit masih menempuh pendidikan di tahun 2006, Didit berhasil meraih Silver Thimbel Award berkat tampilan karya busananya yang kerap kali diperagakan di Paris Fashion Week, sehingga Didit pun masuk jajaran kalender resmi Paris Fashion Week.

Go Internasional dengan Koleksi Couture

Kiprah Didit di dunia fashion mulai dikenal secara resmi saat menampilkan koleksi Couture pertamanya dalam edisi Spring-Summer pada tahun 2010, bertempat di Hotel de Crillon, Paris. Sejak saat itu, Didit rutin memperkenalkan koleksinya setiap dua musim hingga saat ini, Spring-Summer 2023.

Tidak hanya itu, Didit secara internasional telah berkontribusi pada perancangan interior dan eksterior mobil BMW Individual Series 7 edisi terbatas. Karena keterlibatan desainer fashion yang langka dalam perancangan mobil ini, Didit adalah orang Asia pertama dan orang kedua di dunia yang ikut serta dalam proyek tersebut.

Pakaian Didit pun juga pernah dipakai oleh penyanyi Kanada, Carly Rae Jepsen untuk acara MTV Video Music Awards tahun 2013. Dan tahun ini, sejumlah koleksi Didit sukses terpampang dalam Vagoue, majalah fashion internasional.

Sejumlah koleksi Didit sukses terpampang dalam majalah fashion internasional, Vogue, seperti tahun ini Vogue menampilkan koleksi musim semi Didit. Sebelumnya pun hasil karya cucu Soeharto ini pernah tampil di Vogue, yaitu gugur 2018 dan 2021, serta musim dingin 2022.

Tidak Melupakan Indonesia

Meski berkarier di negeri orang sebagai fashion designer, Didit tidak melupakan Indonesia melalui persembahan karyanya. Didit mengangkat salah satu identitas budaya Indonesia yaitu penggunaan kain songket pada karyanya.

Busana Didit juga pernah dikenakan oleh sejumlah artis Indonesia, seperti Dian Sastro, Nicholas Saputra, hingga Bunga Citra Lestari yang tampil di acara penutupan Asian Games 2018.

Melihat karier sang ayah yang aktif dalam praktik politik, Didit juga pernah tunjukkan dukungannya ketika Prabowo mencalonkan diri sebagai Presiden di tahun 2019 dengan merancang jaket khusus untuk tim Prabowo-Sandi.

Meskipun tidak mengikuti jejak Prabowo, Didit nyatanya mampu bersinar di jalannya sendiri di bidang fashion yang sangat berbeda dari jejak keluarga. Seperti yang pernah disinggung Gibran Rakabuming Raka, Didit adalah sosok yang baik dan berprestasi.

Pilihan Editor: Mengenal Anak-anak Capres: Mutiara Baswedan, Didit Hediprasetyo, dan Alam Ganjar

ANNISA YASMIN | TIKTOK

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."