12 Pilihan Teh Herbal untuk Meredakan Batuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

IKLAN

6. Teh Thyme

Sebagai ramuan kuliner pada umumnya, timi atau thyme tidak hanya lezat dalam berbagai hidangan gurih, tetapi juga dapat dimasukkan ke dalam teh yang dapat meredakan batuk.

Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2021 menemukan bahwa thyme, jika dikonsumsi dengan tanaman ivy, menunjukkan penurunan keparahan batuk yang signifikan.

7. Teh Kulit Ceri Liar

Meskipun mungkin lebih sulit ditemukan, teh kulit pohon ceri liar adalah pilihan teh herbal yang bisa digunakan sebagai agen antispasmodik.

“Herbal dengan efek antispasmodik bisa sangat membantu untuk mengobati batuk karena membantu mengendurkan otot-otot sistem pernapasan yang kejang saat batuk,” kata Robinett. “

Salah satu contohnya adalah kulit pohon ceri liar, yang sangat membantu mengatasj batuk," ucapnya.

8. Teh Mullien

Jika batuk Anda disebabkan oleh iritasi atau radang paru-paru, teh mullein bisa menjadi pilihan yang bagus. Sebagai ramuan yang kaya akan lendir, Robinett mengungkapkan mullein adalah salah satu ramuan terbaik untuk kesehatan paru-paru.

Ilustrasi teh jahe. Freepik.com/Jcomp

9. Teh Jahe

Jahe adalah bahan lain yang mudah didapat dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi batuk, termasuk dalam bentuk teh. De la Forêt menambahkan bahwa jahe adalah ramuan untuk batuk tersumbat dan berdahak, karena bertindak sebagai ekspektoran yang merangsang, yang membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkannya dari paru-paru.

10. Teh Eldeberry

Sebagai bahan umum dalam sirup obat batuk tertentu, elderberry adalah sumber senyawa tumbuhan yang super. Berry cantik ini telah terbukti menjadi agen anti-inflamasi yang efektif, serta berpotensi efektif dalam mengobati penyakit pernapasan.

11. Teh Kayu Putih

Beberapa tumbuhan membantu membuka saluran udara, sehingga dapat meredakan batuk yang terasa menyempit, salah satu contohnya adalah kayu putih, menurut Robinett. Ini juga merupakan jenis teh herbal yang relatif mudah ditemukan dalam kemasan.

12. Teh Apa Saja Dengan Madu

Teh yang dibuat dengan pemanis alami ini dapat membantu meringankan gejala batuk. Madu telah terbukti dapat mengurangi durasi batuk, berdasarkan penelitian tahun 2018 yang dilakukan pada anak-anak. Selain itu, madu kaya senyawa tanaman antivirus dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi akar penyebab penyakit penyebab batuk Anda.

Jangan lupa tidak peduli seberapa menenangkan menyeruput teh herbal untuk meredakan batuk, itu bukan pengganti obat. Jika batuk Anda terus berlanjut, sangat menyakitkan, atau sangat mengganggu kehidupan sehari-hari, selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan kejelasan tentang langkah selanjutnya, kemungkinan diagnosis, atau resep yang diperlukan.

Pilihan Editor: 5 Teh Herbal untuk Redakan Stres

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."