5 Rutinitas Pagi agar Mindful Menjalani Kegiatan Sehari-hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi meditasi. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi meditasi. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutinitas pagi Anda menentukan suasana untuk sisa hari Anda. Banyak dari kita yang merasa lelah dan pening saat bangun tidur di pagi hari, lalu terburu-buru menyelesaikan tugas pagi agar segera tiba di tempat kerja, sehingga menyisakan sedikit waktu untuk perawatan diri dan rutinitas kesehatan. Padahal mindful alias kesadaran penuh seseorang terhadap sesuatu yang dihadapi atau dilakukan berperan besar dalam menikmati hari-harinya.

Menurut Raman Mittal, pakar kesehatan dan salah satu pendiri Idanim, membuat perubahan sederhana di pagi hari dapat membawa hasil yang besar. Misalnya, daripada mengambil ponsel di pagi hari, tulislah jurnal. Bangun 20 menit lebih awal dapat memberi Anda waktu untuk aktivitas favorit, membaca, atau bahkan bersantai dengan secangkir teh. Yang harus Anda lakukan adalah sedikit memperhatikan kesehatan mental Anda. Untuk lebih lengkapnya, berikut rutinitas pagi agar mindful menjalani hari menurut Mittal.

1. Bangun Pagi

Mulailah hari Anda dengan catatan penuh perhatian. Bangunlah secara perlahan dan bertahap, setidaknya 5-10 menit sebelum Anda benar-benar memulai hari Anda.

Daripada melompat dari tempat tidur saat alarm berbunyi, berikan diri Anda beberapa menit ekstra. Regangkan tubuh Anda, gerakkan jari-jari kaki, dan tarik napas dalam-dalam. Beradaptasi dengan rutinitas ini akan membuat Anda lebih berhati-hati sepanjang hari.

2. Hindari Memeriksa Ponsel Begitu Bangun Pagi 

Memeriksa ponsel tepat setelah bangun pagi dapat memicu hormon stres yang memengaruhi aktivitas Anda sepanjang hari. Menjauhi telepon dapat membantu Anda memulai sesuatu yang baru dengan pola pikir produktif.

3. Meditasi Penuh Perhatian

Berlatih meditasi kesadaran selama 10-15 menit di pagi hari dapat meningkatkan kejernihan mental dan emosional secara signifikan.

Selain itu, meditasi pagi bisa memberikan suasana positif di hari itu, menumbuhkan rasa tenang dan ketahanan dalam menghadapi tantangan.

4. Makan dengan Penuh Perhatian

Nikmati sarapan Anda sebagai momen perhatian. Rasakan hangatnya makanan di mulut Anda. Cium aroma minuman Anda.

Minumlah perlahan, kunyah dengan penuh perhatian, dan cicipi makanan Anda dengan sungguh-sungguh. Ini seperti meditasi mini untuk indera-indera Anda.

5. Berjalan di Taman

Jika memungkinkan, keluarlah sejenak. Rasakan hangatnya sinar matahari di wajah Anda dan kesegaran rumput di kaki Anda saat berjalan-jalan dengan penuh kesadaran.

Alam memiliki kekuatan penyembuhan, cara untuk membumi dan mengingatkan keindahan di sekitar. Meskipun hanya beberapa menit, ini adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda dengan rasa syukur.

Ingatlah, untuk mencapai mindful tidak harus rumit. Kiat sederhana di atas dapat membantu Anda memulai pagi dengan tenang dan positif. 

Pilihan Editor: 8 Rutinitas Pagi Ini Bantu Menghilangkan Lemak Perut

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."