8 Rutinitas Pagi Ini Bantu Menghilangkan Lemak Perut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Wanita memegang lemak perut. Freepik.com

Wanita memegang lemak perut. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaLemak perut bisa menjadi pemicu kekhawatiran bagi sejumlah orang. Kondisi tersebut tak hanya dapat memengaruhi penampilan seseorang, tetapi juga sinyal masalah kesehatan yang tak boleh diabaikan. Perlu kita ingat bersama, akumulasi lemak perut lebih berbahaya daripada timbunan lemak lainnya di dalam tubuh. Mengapa? Letaknya mengelilingi organ dalam, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan masalah hati.

Juga dikenal sebagai lemak visceral, sebenarnya lemak perut dalam jumlah tertentu dapat membantu fungsi tubuh, tetapi jika terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Jika Anda sedang mencari cara menghilangkan lemak perut yang membandel, Anda bisa mulai dari sederet rutinitas pagi yang direkomendasikan Dr Harsh Kapoor, Ketua Institut Gastroenterologi, Hepatologi, Bedah GI & Transplantasi Hati, Rumah Sakit Metro, India.

"Anda dapat menciptakan rutinitas pagi untuk menargetkan lemak perut dan mempersiapkan hari yang lebih sehat dan berenergi. Ingat, konsistensi dan komitmen adalah kuncinya. Seiring waktu, kebiasaan ini tidak hanya akan membantu Anda membakar lemak perut, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan," ujar Dr Kapoor, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Minggu, 9 Juli 2023.

Berikut rutinitas pagi untuk menghilangkan lemak perut

1. Hidrasi Tubuh

Awali hari Anda dengan minum segelar air yang diresapi dengan jus lemon. Itu adalah cara terbaik untuk memulai metabolisme Anda. Ramuan menyegarkan ini tidak hanya menghidrasi tubuh Anda setelah puasa semalaman, tetapi juga membantu pencernaan, mendetoksifikasi sistem pencernaan, dan mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan proses pembakaran lemak.

2. Olahraga

Berolahraga di pagi hari merupakan cara yang efektif untuk membakar lemak perut. Baik itu jalan cepat, sesi yoga, atau latihan interval intensitas tinggi (HIIT), membuat tubuh Anda bergerak di pagi hari membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi lemak. Luangkan waktu  setidaknya 30 menit untuk latihan intensitas sedang setiap pagi.

3. Sarapan Tinggi Protein

Sarapan kaya protein sangat penting untuk menjaga rasa kenyang, menstabilkan kadar gula darah, dan meningkatkan metabolisme. Santap makanan seperti telur, yogurt Yunani, atau smoothie protein untuk memulai hari Anda dengan makanan padat nutrisi. Protein membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna, membantu Anda membakar lebih banyak kalori, dan mengurangi rasa lapar sepanjang hari.

4. Sertakan juga Makanan Kaya Serat

Memasukkan makanan kaya serat dalam sarapan juga dapat membantu menurunkan berat badan dan secara khusus menargetkan lemak perut.

Pilihlah biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan polong-polongan, yang semuanya merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. Serat membantu mengatur rasa lapar, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan meningkatkan pencernaan yang sehat, mengurangi kembung serta penumpukan lemak.

Baca juga: Ciri Lemak Perut Berlebih, Hindari Soda dan Makanan Siap Saji untuk Atasinya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."