Bukan Diet Ketat, Ini 10 Tips Turunkan Berat Badan yang Bisa Kamu Coba

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi diet. shutterstock.com

Ilustrasi diet. shutterstock.com

IKLAN

6. Minum lebih banyak air 

Anda akan terkejut betapa banyak orang yang salah mengartikan rasa lapar dengan dehidrasi. Menjaga botol air Anda tetap penuh sepanjang hari menjaga tubuh Anda dalam kondisi prima dan membantu Anda menghindari ngemil yang tidak perlu.

Untuk memaksimalkan asupan air untuk menurunkan berat badan, ahli diet Julie Upton, MS, RD, merekomendasikan "minum sekitar setengah dari berat badan Anda dalam ons cairan air (atau minuman bebas kalori lainnya). Air dingin memberikan kejutan singkat pada metabolisme Anda, meningkatkannya sekitar 30 persen sehingga dalam sehari, tubuh Anda akan membakar sekitar 100 kalori lebih banyak."

7. Membuat rencana ke depan

Sesekali menikmati camilan manis atau makanan istimewa di luar adalah bagian penting dari rencana penurunan berat badan yang berkelanjutan, namun hal ini hanya akan berhasil jika Anda realistis dengan keinginan Anda dan belajar membuat rencana ke depan. Pergi ke pantai akhir pekan depan? Jaga pola makan Anda ekstra bersih menjelang liburan Anda. Dengan cara ini Anda memiliki lebih banyak ruang gerak untuk dinikmati sesuka Anda.

Kami sangat percaya pada aturan 80/20 di sini; 80 persen dari waktu Anda menjaga pola makan tetap bersih dan 20 persen lainnya dalam sehari Anda dapat beraktivitas dengan bebas. Perhitungannya sederhana: jika Anda makan tiga kali sehari, tiga kali makan tersebut adalah 20 persen dari minggu Anda yang bisa diperebutkan.

8. Latihan kekuatan

Jika Anda diberi mitos bahwa latihan kekuatan menghambat penurunan berat badan dan mengacaukan hasil, inilah saatnya mengubah sikap Anda. Latihan kekuatan membangun massa otot sekaligus meningkatkan metabolisme Anda. 

Anda mungkin tidak bisa menentukan skalanya, tetapi latihan kekuatan adalah tempat terjadinya pembentukan kembali tubuh Anda yang sesungguhnya. Begitu Anda mulai mengangkat dan melakukan gerakan beban tubuh di rumah, Anda akan ketagihan.

9. Istirahat cukup

Tidur yang cukup setiap malam memastikan Anda memiliki energi untuk menjalani olahraga, namun hal ini juga terbukti membantu mengurangi nafsu makan karena mereka yang cukup tidur mengonsumsi rata-rata 300 kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

Secara mengejutkan, tidur juga melawan gen "gemuk". Dalam sebuah penelitian yang mengamati anak kembar, anak kembar yang tidur lebih lama memiliki BMI lebih rendah dibandingkan anak kembar yang tidak tidur. Pendeknya? Istirahat dan tidur lebih awal. Tubuh Anda berterima kasih sebelumnya karena telah mendukung semua kerja kerasnya di dapur dan gym.

10. Bersikap positif

Jika Anda memperlakukan diri sendiri dengan baik, Anda bisa bangkit kembali lebih cepat dan tetap berada di jalur yang benar lebih lama. Pertahankan selera humor yang sehat, berikan ruang untuk tertawa, dan jalani hari demi hari. Setiap pengalaman tidak akan sempurna, tetapi ketika Anda baik pada diri sendiri dan menjaga pandangan positif, seluruh proses penurunan berat badan ini akan terasa jauh lebih mudah.

Pilihan Editor: 

4 Alasan Mengapa Makan Kacang Mete Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."