4 Alasan Mengapa Makan Kacang Mete Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang mete. Unsplash.com/Jenn Kosar

Ilustrasi kacang mete. Unsplash.com/Jenn Kosar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah masyarakat menganggap makan kacang mete bisa menyebabkan berat badan bertambah. Ternyata itu adalah mitos. Faktanya, dalam porsi moderat, makan kacang mete bisa bantu turunkan berat badan. Kok, bisa? Yuk, kita kulik dari segi kandungan gizinya yang berdampak pada pengurangan asupan kalori dan membuat kenyang lebih lama.

Kacang mete secara alami kaya akan gizi penting seperti lemak sehat, protein, serat makanan, vitamin (seperti vitamin B dan vitamin E), dan mineral (seperti magnesium, fosfor, dan seng). Meski padat kalori, nilai gizi tersebut dapat menyehatkan tubuh sekaligus memberikan rasa kenyang bahkan dalam porsi kecil, sehingga berpotensi menyebabkan berkurangnya asupan kalori secara keseluruhan. Untuk lebih lengkapnya, berikut sederet alasan mengapa makan kacang mete bisa bantu turunkan berat badan.

1. Lemak Sehat

Kacang mete kaya akan lemak sehat, sebagian besar kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh, yang dianggap menyehatkan jantung dan dapat menurunkan kadar LDL. Lemak ini dapat membantu Anda merasa kenyang dan puas, mengurangi rasa lapar yang tiba-tiba. Memasukkan kacang mete dalam makanan sehari-hari dapat membantu penyerapan nutrisi dan pencernaan yang lebih baik.

2. Mikronutrien dan Antioksidan

Kacang mete mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti magnesium yang membantu reaksi biokimia, mendukung kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan produksi energi dan metabolisme glukosa. Perlu dicatat, asupan magnesium yang cukup dapat mendukung penurunan berat badan dan sensitivitas insulin.

3. Serat Makanan

Kacang mete mengandung serat makanan, yang dapat membantu mengatur pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Makanan tinggi serat cenderung memiliki indeks glikemik lebih rendah, membantu menstabilkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan tiba-tiba yang mungkin memicu makan berlebihan.

4. Mengurangi Rasa Lapar

Kombinasi lemak sehat, protein, dan serat dalam kacang mete dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, sehingga memudahkan Anda mengontrol ukuran porsi dan menolak camilan yang tidak sehat.

Pilihan Editor: Sederet Manfaat Super Kacang Mete buat Kesehatan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."