Peringati Hari Kopi Internasional, Malioboro Coffee Night 2023 Bakal Digelar 1 - 6 Oktober 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Malioboro Coffee Night 2019. (Dok.istimewa)

Malioboro Coffee Night 2019. (Dok.istimewa)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rangka memperingati International Coffee Day atau Hari Kopi International setiap tanggal 1 Oktober, Malioboro Coffee Night 2023 bakal digelar di Yogyakarta mulai esok hari, Minggu 1 Oktober hingga 6 Oktober 2023. Penyelenggaraan acara ini juga untuk untuk memperingati Hari Batik Nasional dan menyambut HUT ke-267 Kota Yogya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Malioboro Coffee Night tahun ini digelar lebih lama. Tak sekadar aksi bagi-bagi ribuan cup kopi gratis untuk wisatawan, acara ini juga mengandung unsur edukasi dan hiburan lainnya.

"Event tahun ini lebih semarak dengan banyak agenda, dengan misi makin mengenalkan kopi lokal pada publik, tak sekadar bagi-bagi kopi gratis pengunjung Malioboro," kata Ketua Panitia Malioboro Coffee Night, Wisnu Birowo pada Kamis, 28 September 2023.

Nantinya, ada pegiat kopi dari Ambon yang membawa kopi lokal dari Kepulauan Maluku dan  berbincang seputar perkembangan kopi lokal itu.

Selain dipusatkan di Malioboro, sejumlah agenda juga disiapkan pada Malioboro Coffee Night 2023 seperti Diplomasi Coffee, Nusantara Coffee Maker di Plaza Fisipol UGM hingga pameran produk yang dipusatkan di Menara Kopi Kotabaru Yogyakarta.

"Pada event kali ini juga akan diluncurkan Coffee Hub yang bisa menjadi ruang pertemuan pegiat kopi dari hulu ke hilir, di mana semua bisa bergabung, belajar, membeli, menjual dan mencari apapun terkait ekosistem kopi," ungkapnya.

Di Fisipol Universitas Gadjah Mada atau UGM, pada 1 - 3 Oktober 2023, akan dipamerkan alat-alat pembuat kopi karya anak negeri dan digelar sejumlah diskusi seputar kopi. Dari dialog itu melibatkan kalangan akademisi dengan industri yang saling melengkapi untuk membangun ekosistem kopi baik di Indonesia.

Sedangkan pameran atau expo di Menara Kopi Kotabaru melibatkan 33 petani kopi di Indonesia dan menjadi ruang mempertemukan penjual, pembeli, hingga UMKM kopi.

Sekretaris Malioboro Coffee Night, Andri C. menambahkan hampir semua acara terbuka untuk umum dan gratis. Hanya beberapa acara seperti kelas kebaristaan, manual brewing, processing dan manajemen yang diikuti secara berbayar.

"Untuk bagi-bagi kopi gratis tetap kita lakukan seperti di area depan Plaza Malioboro," kata dia.

Namun, pada event kali ini pengunjung yang mau kopi gratis diminta membawa cup atau tumbler sendiri. Hal ini untuk mengurangi sampah plastik.

Adapun Bagas Hapsoro, pegiat Diplomasi Kopi yang juga Dubes RI untuk Swedia dan Latvia 2016-2020 menuturkan, akan ada beberapa duta besar negara sahabat yang hadir dalam Malioboro Coffee Night kali ini termasuk dari Belanda, Ethiopia dan Jerman. "Mereka ingin melihat bagaimana ekosistem berkembang karena selama ini menjadi pengimpor kopi dari Indonesia," pungkasnya.

Pilihan Editor: Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari, Lakukan 7 Hal Ini

PRIBADI WICAKSONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."