Demi Kesehatan Kulit Wajah, Ini 4 Alasan Pentingnya Mengganti Sarung Bantal Seminggu Sekali

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hal menjaga kesehatan kulit wajah, kita mengaplikasikan beragam produk perawatan kulit atau skincare mulai dari pembersih, pelembap hingga tabir surya, tapi jangan lupakan pentingnya mengganti sarung bantal secara teratur. Dalam upaya mendapatkan kulit yang sehat dan bersih, kita sering lupa untuk fokus pada hal-hal kecil yang mempengaruhi kulit wajah. Seringkali, ahli perawatan kulit menyarankan penggantian sarung bantal setiap minggu. Meskipun terlihat sepele, sarung bantal dapat berperan penting dalam kesehatan dan penampilan kulit wajah.

“Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya, memperhatikan hal-hal kecil saja bisa memberikan perbedaan yang signifikan. Mengganti sarung bantal secara rutin mungkin terdengar mudah, namun bisa memberikan hasil yang mengesankan," kata Dr Ipshita Johri, dermatologi, konsultan estetika, spesialis laser dan pendiri Skinfinity Derma, dikutip dari Hindustan Times, Senin, 4 September 2023.

"Mulai dari mencegah munculnya jerawat hingga mengurangi iritasi kulit dan alergi. , manfaat menjaga lingkungan tidur yang bersih untuk kulit Anda sangat banyak. Jadi, lain kali Anda mempertimbangkan untuk menunda penggantian sarung bantal mingguan, ingatlah bahwa upaya kecil ini bisa menjadi langkah besar untuk kulit wajah," sambungnya.

Berikut ini sederet alasan pentingnya mengganti sarung bantal seminggu sekali untuk menjaga kesehatan kulit wajah menurut Dr Ipshita Johri.

1. Cegah Penumpukan Kotoran dan Minyak

Sepanjang hari, kulit Anda menumpuk kotoran, minyak, dan polutan lingkungan. Saat Anda menyandarkan kepala di atas sarung bantal setiap malam, zat-zat ini dapat berpindah dari kulit ke kain. Seiring berjalannya waktu, penumpukan kotoran dan minyak ini dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Hal ini terutama berlaku jika Anda adalah seseorang yang memakai riasan di siang hari – sisa riasan yang tertinggal di kulit dapat berpindah ke sarung bantal dan selanjutnya kembali ke kulit, sehingga berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

2. Mengurangi Risiko Timbulnya Jerawat

Para ahli merekomendasikan mengganti sarung bantal Anda setiap minggu untuk meminimalkan risiko jerawat. Penggantian sarung bantal yang jarang dapat menjadi sarang bakteri dan memperburuk jerawat. Folikel yang tersumbat dari minyak dan sel kulit menyebabkan jerawat.

Beristirahat di atas sarung bantal yang berminyak dan penuh bakteri dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Penggantian sarung bantal yang rutin meminimalkan kontak dengan bahan pengiritasi ini, sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

3. Mencegah Iritasi dan Alergi Kulit

Selain jerawat, sarung bantal yang kotor juga bisa menyebabkan iritasi kulit dan alergi. Tungau debu adalah makhluk kecil yang tumbuh subur di serat sarung bantal Anda. Hama mikroskopis ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan bahkan memicu alergi pada beberapa individu.

Dengan mengganti sarung bantal setiap minggu dan mencucinya dengan air panas, Anda dapat membantu menghilangkan tungau debu ini dan menciptakan lingkungan tidur yang lebih bersih untuk kulit Anda.

4. Menjaga Hidrasi Kulit Wajah

Percaya atau tidak, bahan sarung bantal bisa memengaruhi tingkat hidrasi kulit. Sarung bantal yang terbuat dari bahan tertentu, seperti katun, dapat menyerap kelembapan kulit sehingga berpotensi membuatnya terasa kering. Memilih sarung bantal sutra atau satin dapat membantu menahan lebih banyak air, sehingga mengurangi kemungkinan terbangun dengan kulit dehidrasi.

Namun, apa pun bahannya, sering mengganti sarung bantal akan memastikan sarung bantal bebas dari minyak dan keringat berlebih, sehingga meningkatkan hidrasi kulit.

Pilihan Editor: 6 Cara Merawat Kulit Wajah saat Cuaca Panas

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."