6 Cara Merawat Kulit Wajah saat Cuaca Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai tabir surya. Freepik.com/Lookestudio

Ilustrasi wanita memakai tabir surya. Freepik.com/Lookestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat cuaca panas, kelembapan, dan paparan sinar matahari ekstra dapat menyebabkan pori-pori tersumbat serta kulit wajah terbakar. Selain itu, bisa muncul bintik-bintik gelap yang disebabkan oleh keringat jika Anda tidak mencegah masalah kulit wajah saat cuaca panas. Namun tak perlu risau, ada sederet cara merawat kulit wajah saat cuaca panas yang mudah diaplikasikan dari dokter. Selain rutin pakai tabir surya, menghidrasi hingga membersihkan menjadi kunci kulit wajah tetap sehat dan bersinar di cuaca panas.

1. Wajib Pakai Tabir Surya

Dermatolog setuju bahwa menggunakan tabir surya atau sunscreen merupakan langkah terpenting merawat kulit wajah sepanjang tahun, terutama di cuaca panas.

"Tabir surya harus dioleskan setiap hari ke area yang terpapar sinar matahari meliputi wajah, leher, dada, telinga, dan tangan, juga sangat penting untuk mengoleskannya kembali setiap dua jam, atau lebih cepat jika berenang atau berkeringat," kata Dr. Marisa Garshick, dokter kulit bersertifikat di New York, dikutip dari Instyle, 2023.

Penting juga untuk menerapkan tabir surya yang cukup untuk memastikan Anda mendapatkan perlindungan yang memadai. "Anda harus mengikuti metode dua jari saat mengoleskan tabir surya ke wajah dan leher Anda," kata Dr. Karan Lal, dokter kulit bersertifikat di New Jersey.

"Oleskan satu strip tabir surya pada masing-masing jari telunjuk dan jari tengah Anda, yang merupakan jumlah yang sesuai untuk wajah setiap hari. Untuk tubuh, jumlah gelas cocok untuk area yang terbuka."

Juga, pertimbangkan waktu yang Anda habiskan di luar rumah. "Cari tempat teduh dan hindari berada di bawah sinar matahari langsung dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore untuk aktivitas di luar saat sinar UV paling ekstrim," saran Dr. Melanie Palm, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Art of Skin MD di Solana Beach, California.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengenakan pakaian UPF 50 atau lebih selain tabir surya, atau mengonsumsi suplemen yang meningkatkan perlindungan sinar ultraviolet. 

2. Gunakan Pelembap Ringan

Meskipun Anda berkeringat saat cuaca panas, kulit tetap perlu dilembapkan. Namun, karena kekeringan musiman tidak umum terjadi di musim panas, Anda tidak memerlukan krim kental seperti yang Anda gunakan di musim dingin.

Gunakan pelembap berbasis asam hialuronat ringan.

," kata Dr. Lal. "Pelembab ini bagus untuk menjaga hidrasi tanpa membuat Anda merasa lengket dan berat," ucap Dr. Lal.

Baca juga: 8 Tips Mengatasi Cuaca Panas Agar Tetap Sehat dan Terhidrasi

3. Pakai Produk Perawatan Kulit Non-komedogenik

Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat di musim panas. Cara mudah untuk mencegah keringat dan minyak menumpuk di pori-pori Anda adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit dan riasan nonkomedogenik.

"Saya merekomendasikan untuk mencari produk non-komedogenik, artinya produk yang tidak menyebabkan atau berkontribusi pada munculnya jerawat," kata Dr. Palm. "Hindari formulasi yang sangat melembapkan atau berminyak selama cuaca panas."

Untuk membantu menjaga pori-pori tetap bersih, mereka yang memiliki kulit cenderung berjerawat dan berminyak dapat memasukkan bahan-bahan seperti asam salisilat, benzoil peroksida, belerang, atau niacinamide ke dalam rutinitas mereka.

"Semua bahan tersebut membantu mengatasi jerawat dan anti-inflamasi," jelas Dr. Palm. Namun jika Anda sedang hamil atau menyusui, berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan Anda soal jenis produk skincare yang aman dipakai.

4. Rutin Cuci Muka

"Anda berkeringat lebih banyak selama cuaca panas karena aktivitas di luar ruangan atau hanya karena lebih aktif, saya juga merekomendasikan untuk mencuci muka hingga ke garis rambut Anda juga - area ini biasanya terlewatkan, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat di sepanjang garis rambut atau wajah," kata Dr. Palm.

"Inilah saatnya mengeluarkan 'senjata besar' seperti benzoil peroksida dan pencuci yang mengandung asam salisilat," tambah Dr. Lal. Kandungan tersebut akan membuka pori-pori sekaligus membunuh bakteri penghasil jerawat.

Anda juga bisa memakai pembersih berbusa atau gel yang mengandung asam glikolat.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Dehidrasi saat Belanja di Cuaca Panas

5. Gunakan Retinoid Secukupnya

Meskipun tidak ada bahan yang harus Anda hentikan penggunaannya di musim panas, Anda mungkin harus menyesuaikan beberapa di antaranya termasuk retinoid.

"Musim panas adalah saat orang mulai memperhatikan lebih banyak iritasi dari retinol/retinoid mereka. Retinol dan retinoid bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap matahari," jelas Dr. Lal. "Karena alasan inilah, saya merekomendasikan untuk mengurangi frekuensi penggunaannya atau lebih agresif tentang tabir surya."

Meski begitu, untuk perlindungan ekstra terhadap sinar matahari, Anda dapat terus menggunakan retinoid atau retinol secukupnya. Faktanya, Dr. Garshick merekomendasikan losion retinoid untuk mengatur pergantian sel kulit dan mencegah pori-pori tersumbat.

6. Eksfoliasi dengan Lembut

Pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan cerah, tetapi lakukan dengan lembut karena paparan sinar matahari yang meningkat berdampak buruk pada kulit.

"Saya pikir setiap orang harus melakukan eksfoliasi dengan exfoliant kimia setidaknya tiga kali per minggu," kata Dr. Corey L. Hartman..

Karena itu, penting untuk diingat untuk hanya menggunakan produk ini di malam hari diikuti dengan mengoleskan tabir surya di pagi hari.

Pilihan Editor: Produk Perawatan Kulit yang Sebaiknya Dipakai dan Dihindari saat Cuaca Panas

INSTYLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."