3 Penyebab Miss V Gatal saat Haid dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vagina. Shutterstock

Ilustrasi vagina. Shutterstock

IKLAN

Cara Mengatasi Miss V Gatal saat Haid

1. Tingkatkan Probiotik dan Asupan Air 

“Saya merekomendasikan makan makanan yang kaya probiotik, seperti yogurt dan asinan kubis, untuk membantu bakteri dalam tubuh,” kata Dr. Lakhani.

Dia juga menyarankan minum cukup air, karena dapat membantu mengatasi iritasi pramenstruasi, menghilangkan racun dengan membuat Anda lebih sering buang air kecil, dan mengurangi kekeringan.

2. Kenakan Pakaian Dalam yang Menyerap Keringat

Jauhi pakaian dalam sintetis yang ketat karena dapat menimbulkan kelembapan. Pakaian dalam berbahan katun jauh lebih baik dan memungkinkan miss V Anda bernapas,” kata Dr. Lakhani.

Mengganti pakaian dalam secara teratur juga penting. “Tetaplah kering dengan mengganti pakaian dalam setelah berolahraga, atau pakaian renang setelah berenang di pantai,” kata Dr. Bone. Penumpukan kelembapan berlebih juga meningkatkan pertumbuhan bakteri dan dapat menyebabkan infeksi vagina.

Dan, saat mencuci pakaian dalam, hindari penggunaan sabun dengan wewangian dan pelembut. Sebagai gantinya, pakailah deterjen bayi.

3. Gunakan Pelumas

Dr Lakhani mengatakan hubungan intim sebaiknya dihindari karena dapat memperburuk gejala gatal pada vagina sebelum atau sesudah menstruasi. Namun sebagai tindakan pencegahan, menggunakan pelumas dengan pH seimbang dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya rasa gatal atau lecet di bagian dalam akibat kekeringan pada miss V.

4. Produk Lain

Terus terkena infeksi jamur? Terkadang perawatan di rumah dengan supositoria vagina asam borat bisa membantu, menurut Dr. Miller. “Namun, saya menyarankan untuk berdiskusi dengan dokter sebelum mencoba memastikan bahwa ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.”

Selain itu, jika Anda tidak bisa sering mengganti produk sanitasi (untuk menghindari kelembapan pada kulit yang dapat menyebabkan iritasi), dia menyarankan untuk menggunakan pelindung kelembapan di luar vagina.

“Sesuatu yang sederhana seperti petroleum jelly, zinc oxide, atau merek Aquaphor dapat melindungi kulit dari iritasi pada pembalut atau produk menstruasi,” katanya.

Pilihan Editor: 6 Gejala Penyakit Menular Seksual pada Wanita, Jangan Abaikan Miss V Gatal

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."