Tips Mengolah Bahan Makanan yang Mengandung Omega 3 dan 6

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi margarin (Pixabay.com)

Ilustrasi margarin (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam kandungan gizi yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang balita termasuk Omega 3 dan 6. Asam lemak tersebut berperan besar dalam mendukung perkembangan dan fungsi otak, daya ingat, konsentrasi, kemampuan belajar hingga daya tahan tubuh. Kandungan gizi tersebut bisa didapat dari sumber hewani seperti ikan untuk Omega 3, dan sumber nabati termasuk kacang-kacangan untuk Omega 6. Dalam pengolahannya, ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan bersama agar tidak mengurangi nilai gizi asam lemak.

Salah satunya memperhatikan suhu dalam mengolah makanan tersebut menurut Profesor Made Astawan, pakar teknologi dan gizi.

"Saat merebus, mengukus, menumis, perhatikan suhunya jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu lama," ujar Prof. Made di Jakarta Selatan, Kamis, 24 Agustus 2023.

Tips kedua yang perlu kita perhatikan adalah menghindari memasak terlalu lama karena ada risiko gizi berkurang.

Selain itu, menurut salah satu Ketua PERGIZI Pangan Indonesia mengimbau memakai margarin dengan penambahan atau fortifikasi kandungan Omega 3 dan 6 setelah proses pemasakan. Mengingat margarin mudah leleh dalam suhu panas, sehingga kandungan gizi di dalamnya juga ikut berkurang.

"Misal, rotinya dipanggang dulu, baru diolesi margarin. Bukan dari awal diolesi margarin, kasihan dia (nilai gizi di margarin) rusak saat di-roasting. Penambahannya sebisa mungkin di bagian akhir. Telur juga misalkan abis digoreng, baru diolesi. (perlu kita ingat) Margarin sangat mudah leleh. Demikian juga dengan nasi, nasinya masak dulu, angkat nasinya, olesi (margarin) di atas nasi. Pokoknya asal kena panas dikit, dia (margarin) akan lumer," jelasnya.

"Karena (margarin) mengandung vitamin dan lain-lain, sayang kan, udah ditambahkan, trus hilang," lanjutnya. 

Terkait margarin, Prof. Made juga menyarankan menyimpan dalam wadah tertutup rapat dan jauh dari paparan sinar matahari berlebihan.

"Hindari paparan cahaya dan oksigen yang berlebihan. Jadi, kalau menyimpan margarin di rumah, diperhatikan jangan sampai terbuka, pastikan di wadahnya atau tambahkan wadah lain yang menjaga dia tetap tertutup," imbuhnya.

Lantas, berapa kebutuhan harian untuk Omega 3 dan 6 yang perlu dipenuhi? Prof. Made menyebutkan kebutuhan Omega 3 sebanyak 1 gram per hari, sementara Omega 6 sekitar 5-10 gram per hari. "Omega 6 boleh 9 kali lebih banyak dari Omega 3," jelasnya. Tapi perlu kita ingat bersama, jangan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung Omega 6 secara berlebihan karena bisa memicu peradangan atau inflamasi.

Pilihan Editor: 5 Makanan yang Tinggi Kandungan Omega-3, Biji Chia dan Kacang Kenari

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."