4 Komponen Nutrisi yang Wajib Ada dalam Sarapan Sehat, Protein hingga Lemak Tak Jenuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi puth dan kuning telur. (Pixabay/Ponce_Photography)

Ilustrasi puth dan kuning telur. (Pixabay/Ponce_Photography)

IKLAN

Rekomendasi 7 Makanan untuk Sarapan Sehat

1. Yoghurt

Yogurt adalah makanan bergizi tinggi yang menggabungkan ketiga makronutrien, yakni protein, karbohidrat, dan lemak dalam satu kemasan lezat terutama jika Anda memilih variasi yang mengandung lemak.

Yoghurt adalah bahan dasar yang mengenyangkan dan enak untuk parfait beri, kacang-kacangan, dan granola, atau untuk smoothie berbahan bakar protein. Yoghurt mengandung probiotik, menjadikannya pilihan yang sehat untuk memulai hari Anda.

Selain itu, meskipun yoghurt berlemak penuh mungkin menimbulkan tanda bahaya karena kandungan lemak jenuhnya, proses fermentasi yang terlibat dalam pembuatan yoghurt sebenarnya mengubah beberapa asam lemak jenuh menjadi lemak tak jenuh yang lebih menyehatkan jantung. Plus, yoghurt penuh lemak di pagi hari akan memiliki daya tahan yang lebih baik daripada varietas tanpa lemak.

2. Telur

Telur kerap menjadi menu pilihan banyak orang Indonesia. Sebenarnya, itu cara yang bagus untuk menambahkan protein sehat ke dalam makanan pagi apa pun. Dan meskipun kuning telur mengandung kolesterol dalam makanan, menikmati telur utuh beberapa kali seminggu adalah pilihan yang sangat bergizi dan tidak akan mengganggu upaya Anda untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun, jika Anda benar-benar perlu mewaspadai kadar kolesterol Anda, dan dokter atau ahli gizi Anda menyarankan untuk melakukan perubahan pola makan untuk membantu, cukup konsumsi putih telur.

3. Puding Chia

Meskipun baru benar-benar mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir, puding biji chia termasuk makanan sehat untuk sarapan. Tidak hanya mudah untuk mempersiapkannya, puding chia juga sarat dengan serat, protein, dan asam lemak omega-3. Kandungan gizi tersebut membuat Anda merasa berenergi sekaligus mendukung usus dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

4. Oat

Oat sarat dengan serat menyehatkan jantung yang akan membuat kita kenyang sepanjang pagi. Jadi, baik itu oat semalaman, oatmeal, atau granola, mengonsumsi oat selalu merupakan ide bagus di pagi hari.

5. Smoothie

Smoothie salah satu menu sarapan sehat yang mudah dibuat dan mengenyangkan. Anda bisa menambahkan buah dan sayuran beku (seperti bayam) untuk karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Kemudian masukkan sedikit selai kacang, rami, chia, dan rami untuk lemak dan protein sehat.

6. Roti Gandum Utuh

Entah itu diolesi selai kacang dan pisang, alpukat tumbuk, salmon asap dan keju krim, atau telur encer, roti gandum panggang akan selalu menjadi menu sarapan sehat. Roti gandum utuh mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tidak dimiliki roti putih, jadi sediakan bahan bakar tambahan untuk hari yang sibuk. “

Roti gandum panggang alpukat juga bisa menjadi sarapan yang lezat dan mengenyangkan dan Anda bisa menambahkan telur goreng di atasnya untuk menambah protein,” kata Batajoo. Produk gandum utuh lainnya seperti sereal rendah gula, pancake, dan tortilla juga menawarkan manfaat karbohidrat kompleks yang memuaskan.

Pilihan Editor: Risiko Sarapan tanpa Protein, Bisa Bikin Tambah Lapar dan Memicu Penurunan Gula Darah

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."