Selain di Wajah, Retinoid juga Bisa Diaplikasikan di Empat Area Tubuh Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Foto: Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti kita ketahui, retinoid atau bentuk aktif vitamin A salah satu kandungan primadona dalam produk perawatan kulit atau skincare seperti serum, krim, dan minyak. Retinoid menjadi bintang karena sederet manfaatnya untuk kulit, mulai dari anti-penuaan, memperbaiki tekstur kulit, hingga merangsang produksi kolagen.

“Retinoid adalah resep berkekuatan tinggi yang mendorong pergantian sel untuk memperbaiki tekstur, hiperpigmentasi, dan warna kulit,” kata Lindsey Zubritksy, dokter kulit bersertifikat di Amerika, dikutip dari laman Well+Good, Senin, 21 Agustus 2023. Retinoid juga merangsang pembuluh darah, meningkatkan produksi kolagen, membuka pori-pori yang tersumbat, dan banyak lagi.

Biasanya, kita mengaplikasikan retinoid di wajah, tapi ternyata bisa dioleskan ke area tubuh lain berkat sederet manfaat tersebut. Yuk, kita simak penjelasannya.

1. Lutut dan Siku yang Lebih Gelap dari Kulit Sekitarnya

Salah satu manfaat utama penggunaan retinoid adalah meningkatkan pergantian sel menurut Lindsey Zubritksy, dokter kulit bersertifikat di Amerika, dikutip dari laman Well+Good, Senin, 21 Agustus 2023. Berarti sel-sel kulit tua lebih cepat terkelupas dan diganti dengan yang lebih muda dan lebih segar dengan penggunaan retinoid.

Selain mencerahkan kulit, retinoid juga melawan hiperpigmentasi. Produk yang menggunakan campuran retinol dan asam alfa hidroksi (AHA) berkhasiat mendapatkan warna kulit yang lebih halus dan cerah.

2. Keratosis Pilaris

Juga dikenal sebagai “kulit ayam”, keratosis pilaris adalah kondisi umum yang biasanya terjadi pada lengan atau paha. Hal ini terjadi ketika penumpukan keratin menyumbat folikel rambut dan pori-pori kulit sehingga menimbulkan benjolan kecil dan keras. Kondisinya tidak berbahaya, tetapi mengganggu.

Untungnya, ada dua perawatan yang relatif sederhana, yakni pengelupasan kulit dan hidrasi. Di sinilah peran retinoid. Secara teknis, retinoid tidak mengelupas, tetapi mempercepat pergantian sel sehingga memudahkan keratinisasi.

3. Stretch Mark

Secara teknis, stretch mark adalah bekas luka yang terjadi saat kulit meregang atau menyusut dengan cepat. Manfaat lain menggunakan retinoid adalah memperkuat dan merangsang kolagen yang membantu memudarkan tampilan bekas luka. "

Retinoid paling membantu bila digunakan untuk stretch mark 'merah muda' yang segar," kata Dr. Zubritsky. Namun, dia juga memperingatkan bahwa retinoid tidak boleh digunakan selama kehamilan.

4. Area Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut bisa membuat frustrasi, dan hanya dokter Anda yang dapat memberikan rencana perawatan terbaik. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan mereka terlebih dahulu sebelum memulai rencana perawatan baru. Tapi tak ada salahnya, kita mengetahui manfaat lain retinoid untuk area tersebut.

Kulit kepala diketahui membutuhkan tretinoin, retinoid yang lebih kuat hanya tersedia dengan resep dokter. Menurut penelitian terbaru, tretinoin mungkin bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk rutinitas penumbuhan rambut. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan minoxidil, telah terbukti meningkatkan penyerapan melalui kulit, menghasilkan peningkatan pertumbuhan rambut, menurut Dr. Zubritsky.

Terlepas dari bagaimana atau di mana Anda menggunakannya, perlu diingat bahwa kulit Anda sangat sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari setelah menggunakan retinoid, jadi pastikan untuk mengoleskan SPF untuk perlindungan setelah menggunakan bahan aktif

Pilihan Editor: Apa Itu Retinol? Ketahui Fungsi, Manfaat, dan Efek Sampingnya pada Kulit

WELL+GOOD.

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."