6 Kandungan Skincare yang Efektif untuk Meredakan Kulit Iritasi dan Kemerahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Kulit iritasi dan kemerahan/Canva

Kulit iritasi dan kemerahan/Canva

IKLAN

CANTIKA.COMJakarta - Kulit iritasi dan kemerahan seringkali menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari paparan sinar matahari berlebihan hingga karena reaksi alergi.

Namun, jangan khawatir, karena untungnya, ada sejumlah kandungan skincare yang terbukti efektif dalam meredakan kulit iritasi dan kemerahan. 

Berikut 6 kandungan skincare yang efektif untuk membantu meredakan kulit yang iritasi dan kemerahan. 

1. Aloe Vera

Manfaat aloe vera telah lama dikenal sebagai bahan yang mampu membantu menenangkan dan melembapkan kulit. Tak hanya dikenal sebagai Gel dari tanaman lidah buaya untuk perawatan rambut yang mengandung antioksidan, enzim, dan zat anti-inflamasi.

Tumbuhan ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Penggunaan rutin produk skincare dengan kandungan aloe vera dapat membantu memperbaiki barier kulit hingga meningkatkan proses regenerasi sel.

2. Chamomile

Chamomile, atau bunga kamomil, juga merupakan bahan populer dalam skincare untuk kulit yang sensitif. Ekstrak chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu meredakan kulit kemerahan dan iritasi. Penggunaan toner atau pelembap dengan ekstrak chamomile bagus untuk membantu menjaga kulit tetap tenang dan meredakan kulit kemerahan.

3. Niacinamide

Niacinamide atau vitamin B3, adalah bahan yang belakangan semakin populer digunakan dalam produk skincare. Ini karena kemampuannya meredakan kemerahan dan meningkatkan tekstur kulit.

Manfaat Niacinamide diyakini bagus untuk membantu mengurangi produksi histamin yang berkontribusi pada reaksi inflamasi. Selain itu, niacinamide bisa membantu memperkuat barier kulit, sehingga kulit lebih tahan terhadap faktor iritasi.

4. Centella Asiatica

Centella Asiatica sudah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad untuk meredakan peradangan dan menyembuhkan luka. Ekstrak dari Centella Asiatica diyakini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan merangsang produksi kolagen, yang berkontribusi pada penyembuhan dan peremajaan kulit.

5. Asam Hialuronat

Asam hialuronat adalah zat yang secara alami ada dalam tubuh dan bertanggung jawab untuk menjaga kelembapan kulit. Menggunakan produk skincare yang mengandung asam hialuronat dapat membantu melembapkan kulit dan memperkuat barier kulit. Sehingga kulit jadi lebih terlindungi dari iritasi eksternal.

6. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang diyakini dapat membantu mengatasi peradangan bahkan meredakan jerawat. Kandungan ini juga bermanfaat dalam meredakan kulit yang gatal dan merah akibat reaksi alergi atau iritasi.

Penting untuk diingat bahwa dalam memilih produk skincare, pastikan untuk selalu memeriksa daftar bahan yang terkandung di dalamnya. 

Hindari produk dengan kandungan pewarna, parfum dan bahan kimia keras yang berpotensi menyebabkan  kulit mengalami iritasi dan kemerahan. 

Selain itu, lakukan uji coba terlebih dahulu di punggung tangan untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk kulitmu. 

Dengan perawatan yang tepat dan pemilihan produk yang sesuai, kamu dapat meredakan kulit iritasi dan kemerahan serta merawat kesehatan kulitmu dengan lebih baik lagi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."