Manfaat Niacinamide untuk Kulit, Tak Cuma Melembapkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Niacinamide salah satu kandungan penting dalam produk perawatan kulit atau skincare. Salah satu manfaat niacinamide untuk kulit yang tak terbantahkan adalah  mengatasi kulit kering dan bersisik.

“Ya, niacinamide memang bermanfaat untuk kulit kering. Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3, adalah vitamin yang larut dalam air yang menawarkan beberapa manfaat bagi kulit, termasuk kemampuannya untuk mengatasi kekeringan dan mencegah hilangnya kelembapan," ujar Dr. Chytra V Anand, Dermatologis Kosmetik Selebriti & Guru Kecantikan India, dikutip dari Hindustan Times, Minggu, 11 Juni 2023.

Niacinamide meningkatkan elastisitas kulit. fungsi penghalang alami. Lapisan terluar kulit, yang dikenal sebagai stratum korneum, bertindak sebagai penghalang pelindung terhadap agresor lingkungan dan membantu mempertahankan kelembapan. Niacinamide memperkuat penghalang ini dengan meningkatkan produksi ceramide, yang merupakan lipid esensial yang membantu mempertahankan tingkat hidrasi Dengan memperkuat penghalang, niacinamide membantu mencegah kehilangan air dan menjaga tingkat kelembapan yang optimal di kulit, membuatnya sangat bermanfaat untuk jenis kulit kering.

Selain itu, niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang kering dan teriritasi. Ini membantu mengurangi kemerahan dan peradangan, memberikan kelegaan pada kulit kering dan sensitif.

Manfaat lain niacinamide adalah untuk mengatur produksi sebum, bahkan kulit kering pun dapat memperoleh manfaat dari kadar sebum yang seimbang. Dengan mengatur produksi sebum, niacinamide membantu mencegah sifat berminyak atau kekeringan yang berlebihan, menghasilkan kulit yang lebih seimbang dan sehat.

Selain itu, niacinamide telah terbukti meningkatkan produksi faktor pelembap alami (NMFs) di kulit. NMF adalah zat yang menarik dan menahan air, sehingga meningkatkan hidrasi kulit secara keseluruhan. Dengan meningkatkan NMF, niacinamide membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan dan mengurangi kekeringan.

Niacinamide sangat baik untuk kulit kering karena kemampuannya untuk memperkuat pertahanan alami kulit, mengurangi peradangan, mengatur produksi sebum, dan meningkatkan kapasitas penahan kelembapan kulit. Manfaat multifasetnya menjadikannya bahan berharga dalam produk perawatan kulit yang ditargetkan untuk masalah kulit kering.

Sumber Niacinamide dan Cara Penggunaannya

Niacinamide atau nicotinamide, sejenis vitamin B3 ditemukan dalam makanan dan juga digunakan sebagai suplemen makanan. Vitamin yang larut dalam air, niacinamide dapat memberikan keajaiban bagi kulit kering dengan meningkatkan fungsi penghalang alami kulit.

Niacinamide jangan disamakan dengan niacin yang merupakan jenis lain dari Vitamin B3. Namun, jika Anda memiliki kelebihan niacin dalam tubuh Anda, itu akan diubah menjadi niacinamide oleh tubuh Anda.

Niacinamide ditemukan dalam makanan seperti daging, susu, ikan, telur, sayuran hijau, dan sereal.

Niacinamide dapat dioleskan sekali atau dua kali di siang hari, sebaiknya setelah mengoleskan pelembap atau Anda bisa menggabungkan serum niacinamide dengan pelembap dan mengoleskannya ke wajah dan leher.

Pilihan Editor: 5 Manfaat Niacinamide untuk Rambut

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."