5 Cara Menjaga Kesehatan Mental bagi Pengusaha Pemula

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pengusaha pemula. Foto: Freepik.com/tirachardz

Ilustrasi pengusaha pemula. Foto: Freepik.com/tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai pengusaha pemula, ada beragam penyesuaian dan tantangan dalam merintis bisnis. Dari membuat rencana bisnis, mengelola sumber daya manusia, mencari investor hingga meriset pasar. Selain itu, ada satu poin yang tak boleh dilewatkan juga yaitu cara menjaga kesehatan mental. Sebab hal itu berpengaruh besar kepada kepemimpinan, kemandirian, dan ketenangan Anda.

Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifestyle, Akash Gehani, Co-Founder dan COO di Instamojo, berbagi, 

"Dalam dunia kewirausahaan yang bergerak cepat dan kompetitif, pengusaha muda mungkin mengabaikan kesejahteraan mereka sendiri sambil fokus membangun bisnis mereka," ujar Akash Gehani, Co-Founder dan COO di Instamojo dikutip dari Hindustan Times, 13 Agustus 2023.

"Dengan dorongan terus-menerus untuk membuktikan diri dan pada saat yang sama melawan ketidakpastian global, mengambil keputusan yang mengubah hidup dan juga mengatasi keseimbangan kehidupan kerja, jauh lebih mudah bagi kaum muda saat ini, untuk menurunkan harga diri. Sudah saatnya kita berbicara tentang kesehatan mental kaum muda secara terbuka dan menyemangati dan sangat penting bagi kaum muda untuk terus-menerus memberi energi pada pikiran, tubuh, dan jiwa mereka," lanjutnya.

Oleh karena itu, dia merekomendasikan lima hal ini untuk menjaga kesehatan mental sebagai pengusaha pemula.

1. Ikut Konseling Online

Sebagai pengusaha yang menjalankan bisnis, Anda harus menunjukkan wajah berani kepada karyawan Anda. Agar pikiran mereka tetap tenang, Anda juga harus tenang.

Jika Anda merasa tidak termotivasi, lelah, frustrasi, marah, dan takut, carilah bantuan profesional secara daring atau online. Ada psikolog profesional yang dapat Anda ajak bicara, bahkan jika Anda hanya perlu berbicara dengan seseorang tentang gejala Anda.

2. Punya Playlist Penyemangat 

Ini mungkin terdengar sepele, tetapi sebenarnya berhasil bagi sejumlah orang. "Kami sering menggunakan 'bahan bakar kreatif' yang konstan. Mengelola bisnis bisa melelahkan, memiliki daftar putar atau playlist sangat membantu. Lagu favorit, musik yang menenangkan, podcast inspiratif dengan penulis favorit Anda di dalamnya, atau hanya blooper dari film Jackie Chan favorit Anda," jelasnya.

3. Ambil Waktu Istirahat

Jika liburan panjang tidak memungkinkan, luangkan waktu di rumah, untuk tidak melakukan apa pun. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia.

Latih seni perhatian penuh dan meditasi untuk mengidentifikasi dan mengatasi apa yang menghambat perjalanan Anda. Mengalokasikan beberapa menit setiap hari untuk melatih mindfulness dapat membantu wirausahawan menumbuhkan kejernihan mental, fokus, dan ketahanan. Ingat, terkadang pencegahan adalah obatnya.

4. Pentingnya Berempati

Sebagai pemimpin bisnis, penting bagi Anda untuk mendukung kesehatan mental tim agar terbentuk lingkungan kerja positif. Dorong pembicaraan kelompok untuk saling berbagi rasa tentang kesehatan mental.

Selain Anda berbagi rasa, tanyakan apakah kolega Anda baik-baik saja, jangan hanya memikirkan bagaimana cara mempekerjakan mereka karena bisnis lebih sulit dari biasanya. Ini adalah waktu yang tepat untuk saling berempati.

5. Manajemen Waktu

Sebagai pemimpin bisnis, Anda memiliki ratusan hal yang harus dilakukan dan itu bisa menjadi sangat membebani dengan sangat cepat. Untuk memastikan Anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, Anda perlu menegakkan beberapa struktur dan disiplin dalam hidup Anda.

Alokasikan waktu untuk berbagai tugas atau aktivitas sepanjang hari. Cara sederhana untuk mengatur waktu Anda secara efektif adalah dengan mengikuti Matriks Eisenhower untuk produktivitas Anda.

- Untuk tugas penting dan mendesak, lakukan segera.

- Jika tugas itu penting, tetapi tidak mendesak, bisa dilakukan nanti.

- Tugas tidak penting, tetapi mendesak, delegasikan kepada seseorang yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikannya.

- Hapus dan hilangkan semua tugas yang tidak penting dan juga tidak mendesak.

Pilihan Editor: Teknik Podomoro dalam Bekerja, Bantu Tingkatkan Fokus dan Produktivitas

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."