Teknik Podomoro dalam Bekerja, Bantu Tingkatkan Fokus dan Produktivitas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bekerja di era digital. Foto: Freepik

Ilustrasi bekerja di era digital. Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam dunia yang penuh dengan hiruk pikuk, orang-orang begitu tertekan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan punya cukup waktu untuk kehidupan pribadi. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah teknik podomoro. Teknik manajemen waktu ini cukup mudah diikuti, terlebih jika Anda adalah orang yang mudah teralihkan perhatiannya. Berikut kita simak apa yang dimaksud dengan teknik podomoro, bagaimana cara menerapkanya, dan mengapa Anda harus mencobanya.

1. Apa Itu Teknik Podomoro dan Cara Melakukannya

Pertama, Anda harus mengerjakan sebuah tugas, entah itu proyek pekerjaan atau bahkan tugas rumah tangga. Selanjutnya, atur pengatur waktu atau timer hingga 25 menit dan kerjakan tugas yang diberikan tanpa mengalihkan perhatian dari tugas tersebut. Jauhkan semua gangguan yang berpotensi mengganggu.

Setelah 25 menit habis, istirahatlah selama lima menit untuk minum teh, menyegarkan diri, atau berbicara dengan orang lain. Latihan yang satu ini adalah Pomodoro. Dengan cara ini, selesaikan empat set Pomodoro dan setelah selesai, istirahatlah selama 15 hingga 30 menit untuk menyegarkan pikiran kembali.

2. Efektivitas Teknik Podomoro

Teknik ini dikembangkan pada tahun 1980-an dan dianggap sebagai cara yang sangat efektif untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda hanya perlu menyelesaikan pekerjaan selama 25 menit, lalu 25 menit berikutnya.

Teknik ini sangat tepat untuk orang-orang yang memiliki pekerjaan yang berat. Waktu istirahat membuat orang tersebut lebih mudah untuk tidak merasa terbebani. Hal ini juga akan memerangi segala gangguan dan membantu Anda untuk menahan interupsi.

3. Siapa Saja yang Cocok dengan Teknik Podomoro?

Orang-orang yang mudah teralihkan perhatiannya dan membuat seluruh pekerjaannya terbengkalai perlu menggunakan teknik ini. Orang-orang yang bekerja di luar jam kerja demi menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya sudah selesai dari jauh-jauh hari juga diimbau menggunakan teknik ini.

Teknik podomoro juga efektif untuk orang-orang yang memiliki pekerjaan yang bersifat terbuka seperti penelitian untuk blog dan menulis catatan.

4. Fakta Unik Teknik Pomodoro

Teknik podomoro dikembangkan oleh Francesco Cirillo, seorang mahasiswa yang saat itu sedang berjuang untuk fokus pada studi dan menyelesaikan tugas-tugasnya. Karena merasa kewalahan, ia mencoba untuk berkomitmen hanya untuk 10 menit waktu belajar yang terfokus.

Apa yang awalnya merupakan sebuah tantangan, berkembang menjadi sebuah teknik yang tepat. Bagian terbaiknya adalah Cirillo menemukan pengatur waktu dapur berbentuk tomat untuk membantunya dan 'Pomodoro' dalam bahasa Italia berarti tomat!

Pilihan Editor: Tren Work Life Balance, Jadi Prioritas Utama saat Memilih Pekerjaan

WIDYA FITRIANINGSIH | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."