Cara Mengatasi Saus Terlalu Asin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi saus tomat, saus mustard, dan mayones. Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Ilustrasi saus tomat, saus mustard, dan mayones. Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kemungkinan masakan terlalu asin bisa terjadi, jika Anda memasukkan garam terlalu banyak atau ada komponen bumbu lainnya yang tak seimbang. Bagaimana jika saus terlalu asin? Menurut ahli kuliner, pengembang resep sekaligus penulis buku resep The Infinite Feast, Brian Theis ada sejumlah cara mengatasi saus yang terlalu asin, tapi memasukkan kentang bukan salah satu cara yang efektif. Mengapa demikian? Padahal kita ketahui bersama bahwa memasukkan kentang adalah tips populer mengatasi masakan keasinan.

Jawabannya sederhana, karena ada banyak jenis saus dengan sumber rasa asin yang berbeda, jadi tidak ada solusi yang cocok untuk semua. Lantas, apa saja rekomendasi Theis untuk mengatasi saus terlalu asin? Berikut beberapa di antaranya.

Cara Mengatasi Saus Terlalu Asin

Tindakan terbaik, meskipun yang paling memakan waktu, adalah membuat versi bebas garam kedua dari saus yang sama, lalu tambahkan adonan bebas garam Anda secara bertahap dengan porsi yang terlalu asin sampai Anda mendapatkan hasil yang sesuai lindah Anda, saran Theis.

"Cara ini akan paling dekat dengan resep aslinya," ujar Theis dikutip dari PopSugar, Selasa, 15 Agustus 2023.

Namun, jika Anda tidak memiliki cukup bahan atau waktu untuk menggandakan resep saus, ada empat pendekatan lain yang direkomendasikan untuk mengatasi saus terlalu asin:

- Seimbangkan dengan rasa manis: Jika resep Anda sudah mengandung komponen manis, tambahkan lebih banyak. Theis menyarankan gula, madu, atau sayuran dengan kandungan gula lebih tinggi seperti ubi atau wortel.

- Tingkatkan keasaman: Bahan asam seperti cuka atau jus lemon cenderung menjadi cara yang andal untuk menangkal rasa asin saus. Tomat juga bisa digunakan, terutama jika saus Anda masih membutuhkan lebih banyak rasa manis.

- Tambahkan sedikit lemak: Lemak tidak menangkal garam dengan cara yang sama seperti asam dan gula, tetapi itu mengganggu selera Anda, jadi Anda tidak terlalu mendeteksinya. Gunakan mentega dan minyak zaitun, kata Theis, tetapi perlu diingat bahwa metode ini hanya ideal untuk saus yang tidak berbahan dasar emulsi. Karena saus berbasis emulsi, seperti kuah daging dan Béarnaise, dibuat terutama dari bahan-bahan yang tidak tercampur secara alami — seperti minyak dan cuka — penambahan lemak ekstra dapat dengan mudah menghilangkan keseimbangan bahan-bahan ini dan menyebabkan saus untuk memisahkan.

- Encerkan dengan kaldu atau susu: Jika semuanya gagal, encerkan saus Anda dengan kaldu bebas garam, atau susu dan tepung jika saus berbahan dasar krim. "Pastikan untuk menambahkan jumlah yang proporsional dari pemain kunci lainnya seperti rempah-rempah, saat Anda meningkatkan faktor krim," catat Theis.

Untuk menentukan apakah saus Anda bisa disimpan atau tidak, pertimbangkan apa yang sebenarnya menyebabkannya menjadi asin. Jika bahannya asin seperti ikan teri atau keju, mungkin akan jauh lebih sulit untuk memperbaikinya ketimbang jika terlau asin karena kebanyakan garam. Selain itu, ada beberapa jenis saus tertentu tidak akan mendapat banyak manfaat dari metode di atas.

"Jika resepnya mengandung telur, seperti hollandaise atau saus Caesar klasik, saya mungkin akan memulai dari awal," jelas Theis. "Telur membuat formula jenis ini hampir tidak mungkin dikacaukan, tanpa merusak emulsi." Saus krim seperti Alfredo dan bechamel, katanya, juga sulit, meski bukan tidak mungkin, untuk dikerjakan ulang.

Cara Mencegah Saus Terlalu Asin Sedari Awal

Jika Anda mengukur garam dengan hati-hati dan masih menemukan bahwa saus Anda selalu tampak asin, bisa jadi jenis garamnya yang harus disalahkan. Theis menunjukkan bahwa satu sendok makan garam meja biasa lebih pekat dan karena itu kurang asin daripada satu sendok makan halal kasar atau garam laut, jadi penting juga untuk memperhitungkannya saat membuat saus.

Aturan praktis Theis adalah memulai dengan kaldu bebas garam karena jauh lebih mudah untuk menambahkan garam Anda sendiri daripada mencoba mengatasi keasinanan. Anda mungkin perlu mencoba saus Anda satu atau dua percobaan sebelumnya untuk membantu menyempurnakan profil rasa secara keseluruhan, bukan hanya faktor garam.

Semakin Anda terbiasa dengan pengasinan, semakin jarang Anda melakukan penyesuaian pada akhirnya, tetapi meskipun saus terlalu asin, membuangnya tidak boleh menjadi pilihan pertama, ya.

Pilihan Editor: Berapa Jumlah Takaran Garam untuk Masakan? Simak Penjelasan Ahli Gizi

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."