Hindari Makanan Ini saat Sakit Tenggorokan, dari Saus Pedas Hingga Buah Jeruk Asam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi buah jeruk. Shutterstock

Ilustrasi buah jeruk. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSakit tenggorokan adalah saat Anda merasakan sakit, gatal, atau iritasi di tenggorokan dan bisa terasa lebih buruk saat Anda menelan. Saat cuaca dingin mereda, begitu pula sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan itu bisa mengganggu. Dimana bahkan hanya menelan cairan saja bisa menyakitkan, apalagi makan.

Saat mengalami sakit tenggorokan, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar sakit Anda tidak bertambah parah, berikut daftarnya. 

1. Snack 

Makanan seperti keripik, kerupuk, dan makanan sejenis lainnya mungkin terasa tajam saat ditelan dan menammbah rasa sakit dan iritasi. Tepi bergerigi dari makanan ini bisa menusuk tenggorokan Anda yang sudah sakit sehingga makin sakit. 

2. Buah jeruk 

Jeruk mengandung vitamin C, yang sangat bagus saat Anda sakit. Namun, jika keasaman buah-buahan segar seperti jeruk, lemon, dan limau meningkatkan rasa geli di tenggorokan saat Anda memakannya, maka sebaiknya dihindari sampai sakit tenggorokan Anda mereda. Jus, es loli, dan smoothie yang dibuat dengan buah jeruk juga dapat menyebabkan iritasi, jadi tunda sementara jika mengganggu Anda. Untuk meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan ke dalam teh hangat atau bahkan dengan air hangat dan madu. Untuk meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan ke dalam teh hangat atau bahkan dengan air hangat dan madu. Anda juga bisa beralih ke makanan lain dengan vitamin C yang lebih lembut. 

3. Makanan asam 

Sama seperti buah jeruk, makanan asam seperti saus tomat bisa mengiritasi tenggorokan Anda. Jika ya, hindari sementara sampai rasa sakit Anda mereda. 

4. Makanan pedas 

Bagi sebagian orang, ketika sakit tenggorokan mereka perlu menghindari saus pedas atau sriracha. Jenis makanan ini mungkin mengiritasi area di tenggorokan yang meradang atau semakin mengiritasi tenggorokan. 

5. Sayuran mentah dan keras 

Batang wortel dan seledri memang sehat, tetapi teksturnya yang keras bisa membuat tenggorokan teriritasi. Maka pilihlah sayuran yang dimasak atau bahkan sayuran yang dihaluskan seperti kentang tumbuk. 

6. Gorengan

Meskipun ayam goreng dan onion ring mungkin enak dimakan saat Anda sakit, lapisan kasarnya bisa mengiritasi sakit tenggorokan Anda. Hindari sampai gejala Anda mereda dan ingatlah untuk memilih makanan yang digoreng dalam jumlah kecil karena itu bukan pilihan yang paling sehat, terutama saat Anda sakit.

Baca: Tips Penanganan Awal Sakit Tenggorokan Menurut Dokter

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."