Ingin Pasta untuk Makan Siang? Simak 3 Tips memasak yang Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi merebus pasta. Getnowapp.com

Ilustrasi merebus pasta. Getnowapp.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua orang tahu cara memasak pasta, cukup rebus dalam air mendidih kan? Salah. Untuk membuat pasta sempurna, selalu tambahkan garam ke dalam air, tapi jangan masukkan minyak zaitun.

Sebab, pasta terbuat hanya dari tiga bahan baku: telur, air dan tepung, serta dua komponen kimia utama: pati dan protein. Proses memasak pasta adalah tentang memanipulasi interaksi protein dan pati agar menghasilkan pasta al dente sempurna.

Kemudian untuk menjaga agar pasta terus berada di dalam air mendidih dan sesekali mengaduknya agar tidak menempel satu sama lain. Satu hal yang penting lagi adalah garam.

Pasta jadi salah satu alternatif pengganti nasi, tapi pilihan ini bisa jadi tidak lebih sehat bila Anda memakai saus dan topping yang tinggi kalori dan penuh gula.

Ingin lebih sehat? Coba praktikkan tiga tips memasak pasta di bawah ini, seperti dikutip dari Express.

Tambah protein

Protein adalah sumber penting lain yang bisa ditambahkan ke dalam sajian pasta Anda. Pemakan daging bisa menambahkan daging ayam tanpa lemak, sementara pemakan sayuran bisa menambah kacang, lentil atau edamame, juga sayuran hijau seperti bayam. Telur atau keju juga bisa menjadi pilihan.

Buat saus sendiri

Saus siap saji, tak peduli seberapa sehat klaimnya, biasanya mengandung gula yang tinggi. Cara terbaik mendapatkan saus pasta yang sehat adalah membuatnya sendiri, sehingga Anda bisa memilih bahan-bahan terbaik sesuai kebutuhan. Tambahkan oregano, basil, parsley dan sedikit garam agar rasanya lebih enak. Bila saus tomat buatan Anda terasa terlalu asam, tambahkan sedikit susu atau krim sebagai pengganti gula.

Tambah sayuran

Masukkan sayuran ke dalam pasta sebagai sumber serat yang penting untuk tubuh. Pilih ragam sayur mayur sesuai selera Anda, entah itu jamur atau asparagus. Menambah sayur ke dalam piring membantu Anda mengurangi porsi pasta yang disantap.

Baca: Resep Pasta Saus Putih yang Lembut dan Lezat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."