Berapa Banyak Kafein dalam Secangkir Kopi?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum kopi. Freepik.com/Racool Studio

Ilustrasi wanita minum kopi. Freepik.com/Racool Studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lebih dari 2,25 miliar cangkir kopi dikonsumsi di seluruh dunia setiap hari. Hal itu menjadikan kopi salah satu minuman terpopuler di dunia. Diperkirakan 75 persen orang Amerika minum kopi setiap hari, dengan sekitar setengah dari orang tersebut minum tiga hingga lima cangkir. Aroma menenangkan, ritual membuat kopi, hingga rasa yang membuat bersemangat adalah beberapa faktor kopi menjadi minuman favorit banyak orang. Dan, kafein dalam secangkir kopi yang berperan di balik itu.

Kafein, stimulan alami yang ditemukan dalam biji kopi (dan tanaman lain, seperti teh), meningkatkan aktivitas otak dan dapat meningkatkan kortisol dan adrenalin dalam tubuh Anda. Ini pada dasarnya adalah arus yang menguatkan Anda, dan bertahan berjam-jam di dalam tubuh Anda. Meskipun kafein tidak memiliki nilai gizi, dan tidak diperlukan dalam diet standar, miliaran orang mengandalkannya untuk menjalani rutinitas harian. 

Bicara soal kafein, sebenarnya berapa banyak jumlahnya dalam secangkir kopi, ya? Yuk, kita simak pandangan ahli dan penelitian.

Berapa Banyak Kafein dalam Secangkir Kopi?

Secangkir kopi standar delapan ons mengandung sekitar 90-95 miligram kafein. Perhatikan bahwa banyak ukuran “kecil” di kedai kopi biasanya berukuran 12 ons, yang mengandung sekitar 135-145 miligram kafein.

Cara menyeduh kopi tidak memengaruhi jumlah kafein dalam setiap cangkir kopi. Apakah Anda menggunakan pembuat kopi tetes standar, tuang, atau French Press, jumlah kafein dalam secangkir tetap sama.

“Kami cukup sering ditanyai pertanyaan ini, dan agar jawabannya singkat, tidak, sebenarnya tidak,” kata Cary Wong, Director of Coffee di Partners Coffee, dikutip dari Real Simple, Kamis, 10 Agustus 2023. “Kafein mudah larut dalam air. Secara umum, metode berbeda mengekstraksi kandungan kafein kopi sepenuhnya.”

Baca juga: Manfaat Kafein untuk Kesehatan Usus

Namun, ada beberapa variabel berbeda yang memengaruhi jumlah kafein dalam kopi, seperti tingkat pemanggangan dan kondisi pertanian, menurut Wong. Beberapa kemasan akan mencatat kandungan kafein.

“Perbedaan kandungan kafein dari cangkir ke cangkir — bahkan untuk satu metode pembuatan bir — bisa berkisar antara 20 hingga 60 miligram kafein,” kata Wong.

Oiya perlu diketahui, Anda tidak dapat merasakan, mencium, atau bahkan merasakan perbedaan kafein dalam berbagai secangkir kopi. Sebab untuk mengukur kandungan kafein hanya bisa dilakukan di laboratorium yang canggih.

Jika Anda membeli kopi jauh di kedai kopi, ketahuilah bahwa kandungan kafein bervariasi menurut mereknya, bergantung pada biji yang mereka gunakan dan rasio air terhadap kopi yang digunakan untuk menyeduh.

Bila Anda ingin lebih sedikit kafein dalam kopi Anda, mintalah secangkir setengah caff, yaitu setengah kopi biasa, dan setengah kopi tanpa kafein, yang pada dasarnya memotong kandungan kafein dalam cangkir Anda menjadi dua tanpa mengorbankan rasa.

Berapa Banyak Kafein dalam Secangkir Kopi Decaf?

Meski kopi tanpa kafein atau decaf menghilangkan hampir semua kafein dari biji sebelum, sebenarnya masih mengandung sedikit kafein. Secangkir kopi tanpa kafein mengandung sekitar 2 miligram kafein, yaitu sekitar 97 persen lebih sedikit kafein daripada secangkir kopi tradisional.

Batas Aman Konsumsi Kafein dalam Sehari

Menurut Mayo Clinic, jumlah aman konsumsi kafein harian adalah hingga 400 miligram untuk orang dewasa yang sehat. Meskipun ini setara dengan sekitar empat cangkir kopi per hari, tidak semua orang akan merasa nyaman dengan ritual harian empat cangkir. Jika Anda menderita sakit kepala, insomnia, saraf, lekas marah, detak jantung cepat, tremor otot, atau sering buang air kecil, ini mungkin pertanda untuk mengurangi asupan kafein.

Pilihan Editor: Kopi atau Teh, Mana yang Mengandung Kafein Lebih Tinggi?

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."