Tips Melembapkan Kulit Wajah saat Cuaca Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Melembapkan kulit wajah salah satu langkah melindungi dan merawat kulit di cuaca panas seperti saat ini. Mengingat cuaca panas bisa membuat kulit lebih kering jika tidak didukung dengan rutinitas perawatan kulit atau skincare yang tepat dan pola hidup sehat. Menurut spesialis kulit dan kelamin, dokter Fitri Agustina menerapkan simple daily cleanser (tiga perawatan dasar) yang sesuai jenis kulit termasuk tahapan penting melembapkan kulit di cuaca panas.

"Bersihkan wajah dengan sabun yang sesuai jenis kulit. Kalau kulit berminyak, boleh pilih pembersih asam salisilat. Kalau kulit kering, pilih pembersih wajah yang melembapkan, hindari asam salisilat. Untuk kulit sensitif, jangan memakai produk yang iritatif," ujarnya saat ditemui di Jakarta Pusat, pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Memakai pelembap adalah rutinitas skincare yang tak boleh dilewatkan saat cuaca panas.

"Selalu gunakan moisturizer (pelembap) apa pun kondisi kulitnya, baik kondisi kering, berminyak, berjerawat. Dan, pilih bentuk pelembap yang sesuai jenis kulit, apakah bentuk gel, losion, atau krim. Kalau kulit kering, pakai yang jenis krim dengan bahan aktif yang mendukung dan sesuai," tutur dokter lulusan Universitas Indonesia itu.

Dan, tentunya menggunakan tabir surya atau sunscreen adalah langkah penting lainnya dalam melindungi dan melembapkan kulit wajah saat cuaca panas.

Selain pemakaian skincare, dokter Fitria juga menekankan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat dari pola makan, rutin olahraga, dan istirahat yang cukup.

"Selain perawatan dari luar tubuh, memenuhi kebutuhan air harian juga berperan besar dalam melembapkan kulit, begitu pula dengan pemenuhan nutrisi. Nutrisi dengan gizi seimbang, jangan diet berlebihan. Harus ada kandungan karbo, protein, lemak, vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit," tuturnya.

Dia juga menyarankan untuk menghindari kebiasaan buruk untuk kulit seperti minum alkohol, begadang dan merokok.

Tiga Faktor yang Perlu Diperhatikan untuk Kulit Sehat

Untuk mendapatkan kulit sehat, menurut dokter Fitria, memperhatikan tiga faktor, yakni gaya hidup, lingkungan, dan genetik.

"Faktor gaya hidup 50 persen, 25 persennya adalah faktor lingkungan, sisa 25 persennya adalah genetik faktor," tuturnya. 

Bicara soal faktor genetik, tentu kita tidak bisa mengubahnya, hanya menyesuaikan dengan kondisi masing-masing. Pilihlah jenis perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit. Sementara yang termasuk faktor lingkungan adalah iklim, polusi udara, dan sinar matahari berlebihan. Kembali lagi, pemilihan produk perawatan kulit juga memperhatikan faktor tersebut.

Dan terkait gaya hidup, selain pola makan gizi seimbang, rutin olahraga, dan istirahat cukup, dokter Fitri juga menekankan pentingnya kesejahteraan emosional.

"Jangan salah, emosi juga berpengaruh pada kulit. Jangan suka marah-marah, senyum aja," tuturnya.

So, jangan lewatkan tips simpel melembapkan kulit wajah saat cuaca panas serta cara menjaga kesehatan kulit.

Pilihan Editor: Alasan Pentingnya Melembapkan Kulit Wajah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."