Mengetahui Pelecehan Seksual Seperti yang Dialami Putri Pinkan Mambo, Lakukan 8 Langkah Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pelecehan seksual pada anak perempuan. Shutterstock

Ilustrasi pelecehan seksual pada anak perempuan. Shutterstock

IKLAN

5. Tanyakan Bagaimana Anda Dapat Membantu

Sudah menjadi sifat manusia untuk ingin mengambil alih situasi ketika seseorang yang Anda cintai terluka. Tapi itu bisa sangat melemahkan korban. Alih-alih, tanyakan apa yang teman atau anggota keluarga Anda ingin Anda lakukan. Terkadang jawabannya sesederhana berada di sana.

Misalnya, orang yang dicintai terkadang takut sendirian. Jadi, mereka mungkin ingin Anda tinggal bersama mereka selama beberapa malam. Atau, mereka mungkin ingin seseorang menemani mereka ke ruang gawat darurat karena gagasan untuk menjalani pemeriksaan fisik itu menakutkan.

Alih-alih menganggap Anda tahu apa yang dibutuhkan teman atau anggota keluarga Anda, tanyakan saja kepada mereka. Dan, jika itu adalah sesuatu yang dapat Anda bantu, tentu saja, lakukanlah.

6. Tetapkan Batas

Meskipun penting untuk mendukung dan menjadi pendengar yang baik, Anda tidak dapat melakukan hal-hal ini dengan mengorbankan kesehatan atau tanggung jawab Anda sendiri. Misalnya, jangan membolos atau membatalkan pekerjaan setiap kali orang yang Anda kasihi menelepon. Alih-alih, tetapkan waktu untuk berbicara yang cocok untuk Anda berdua.

Ingat, Anda bisa menjadi orang yang mendukung dan teman, tetapi Anda bukanlah penasihat orang yang Anda kasihi. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda tetap menjaga diri dan memenuhi kewajiban Anda untuk pekerjaan, sekolah, dan keluarga.

Jangan biarkan krisis orang yang Anda cintai menghabiskan hidup Anda sendiri, karena ini bukanlah pilihan yang sehat untuk Anda berdua.

Yang terbaik adalah menemukan keseimbangan antara menjadi seseorang yang dapat diandalkan oleh orang yang Anda cintai dan menjadi seseorang yang mempraktikkan perawatan diri yang baik.

7. Tawarkan Konseling

Beralih dari korban ke penyintas membutuhkan banyak kerja keras dan sering kali paling baik ditangani melalui konseling. Dorong orang yang Anda cintai untuk mempertimbangkan konseling, tetapi jangan memaksakannya. Konseling tidak akan efektif kecuali teman atau anggota keluarga Anda terbuka untuk itu dan ingin melakukan penyembuhan.

Selain itu, Anda tidak ingin mengambil kendali orang yang Anda cintai. Sebaliknya, dengan lembut sarankan konseling dan tawarkan beberapa opsi untuk kelompok pendukung. Anda juga dapat menyarankan terapi individu dan kemudian menjauh sehingga orang yang Anda cintai dapat membuat keputusan tentang cara menyembuhkan diri dari penyerangan.

8. Waspadai Red Flag

Orang yang mengalami pelecehan seksual mengalami berbagai emosi. Nyatanya, tidak ada dua orang yang akan berpikir atau merasakan hal yang sama dengan orang berikutnya. Akibatnya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengenali tanda bahaya pada orang yang Anda cintai. Indikator-indikator ini mungkin merupakan tanda bahwa teman atau anggota keluarga Anda sedang mengalami krisis.

Misalnya, jika mereka tampak menangis sepanjang waktu, berbicara tentang keinginan untuk mati, atau kehilangan minat pada aktivitas favoritnya, mereka mungkin bunuh diri atau depresi. Hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan termasuk perubahan kebiasaan makan dan tidur, mimpi buruk, dan kilas balik.

Pilihan Editor: Lawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik, Minimalkan Fenomena Bystander Effect

GABRIELLA AMANDA | VERY WELL MIND 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."