Resep Lasagna yang Lezat dan Creamy, Mudah Dicoba di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lasagna. Foto: Freepik.com/Timolina

Ilustrasi lasagna. Foto: Freepik.com/Timolina

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lasagna adalah salah satu makanan khas Italia yang populer di masyarakat Indonesia. Kelembapan daging berpadu dengan sayuran dan creamy keju yang dipanggang benar-benar menggoyang lidah penikmatnya. 

Dari segi asal muasal kata, lasagna diyakini berasal dari kata Latin 'lasanum' yang berarti panci masak. Sementara beberapa orang percaya lasagna terinspirasi dari lagana yaitu roti pipih atau flatbread dari Yunani.

Makanan khas kota Napol itu diketahui terbuat dari pasta pipih lebar dan dilapisi dengan ricotta, bechamel, sayuran atau daging, dan jenis keju lainnya. Lembaran lasagna adalah lembaran pasta berbentuk persegi panjang yang juga bisa dibuat di rumah dengan tepung serbaguna, telur, dan sedikit garam.

Nah, jika Anda tengah mencari resep lasagna yang lezat dan creamy, berikut cara mudah membuatnya di rumah menurut Chef selebriti asal India, Shipra Khanna, dikutip dari laman Hindustan Times, 28 Juli 2023.

Resep Lasagna

Bahan-bahan

- 12 - 14 lembar lasagna

- 1 Bawang bombay, cincang halus

- 3-4 siung bawang putih, cincang

- 1 cangkir saus tomat

- 1 cangkir keju Ricotta

- 2 cangkir keju Mozzarella, parut

- 1/2 cangkir keju Parmesan, parut

- Daun kemangi segar, cincang

- Garam, merica, dan bumbu Italia

Cara Membuat

1.Panaskan oven Anda hingga 180 ° C dan siapkan loyang berukuran 9x13 inci. Rebus lembaran lasagna dalam air asin hingga Al dante dan tiriskan. Lalu direndam di  air dingin.

2. Panaskan minyak. Tambahan bawang bombay dan bawang putih cincang ke dalam wajan dan masak selama 2-3 menit lagi hingga  bawang menjadi bening.

3. Aduk saus tomat dan bumbu Italia. Didihkan saus selama sekitar 10-15 menit, biarkan bumbu meresap. Tambahkan garam dan merica secukupnya.

4. Saat saus mendidih, campurkan keju ricotta dengan segenggam daun kemangi segar cincang (jika menggunakan). Bumbui campuran dengan garam dan merica secukupnya.

5. Sekarang saatnya menyusun lasagna. Mulailah dengan menyebarkan lapisan tipis saus daging di bagian bawah loyang yang sudah diolesi minyak.

6. Letakkan lasagna di atas saus, menutupi seluruh bagian bawah piring. Pastikan mereka sedikit tumpang tindih.

7. Sebarkan lapisan campuran keju ricotta di atas lembaran lasagna diikuti dengan lapisan mozzarella parut dan keju Parmesan parut.

8. Ulangi lapisan - saus, lasagna, campuran ricotta, dan keju - sampai semua bahan habis. Akhiri dengan lapisan saus dan mozzarella parut yang banyak di atasnya.

9. Tutupi loyang dengan aluminium foil, pastikan tidak menyentuh keju agar tidak lengket. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama sekitar 25-30 menit. Kemudian, keluarkan foil dan panggang lagi selama 10-15 menit sampai keju di atasnya bergelembung dan berwarna keemasan.

10. Setelah selesai, biarkan lasagna mendingin selama beberapa menit sebelum mengiris dan menyajikannya. Nikmati lasagna buatan sendiri.

Pilihan Editor: Resep Lasagna Sayur untuk Siasati Anak Gemar Makan Sayur

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."