Mulai Tahun Ajaran Baru, Simak 3 Hal Penting yang perlu Disiapkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi anak bersekolah. shutterstock.com

Ilustrasi anak bersekolah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai orang tua, terkadang rasa khawatir hingga saat memikirkan anak-anaknya tengah berada di sekolah, khususnya saat mulai tahun ajaran baru. Apakah anaknya nyaman dengan lingkungan sekolahnya, pelajarannya, atau hal apapun yang menyangkut anak mereka. Tak hanya itu saja, para orang tua juga kerap merasakan kelimpungan mengenai sekolah anaknya, terlebih saat berakhirnya musim liburan. 

Sebagian anak pasti ada yang tidak bersemangat memulai kembali rutinitasnya sebagai pelajar karena terlalu nyaman dengan aktivitasnya selama berlibur. Memang hal ini tak terjadi pada setiap anak, namun tak sedikitnya para orang tua pernah mengalami hal tersebut. Sebagai orang tua, pastinya mengarahkan anak-anaknya ke dalam hal positif dan menenangkan agar anak-anaknya siap juga bersemangat kembali ke sekolah. 

Mengenai hal tersebut, tentunya bukan hanya dibutuhkan persiapan secara mental saja, tapi juga dibutuhkan persiapan secara fisik dalam membangun kembali semangat anak menuju sekolah. Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, Spesialis Anak, Dokter Cynthia Rindang, dalam momen 'Back to School' pada kolaborasi Mothercare dan Skip Hop membagikan tips dalam menumbuhkan semangat anak kembali ke sekolah. 

Berikut tips persiapan anak secara fisik kembali ke sekolah:

1. Berbelanja kebutuhan sekolah

Berbelanja kebutuhan sekolah anak dapat dikategorikan penting dalam menciptakan kembali semangat anak ke sekolah, apalagi dilakukan bersama-sama dengan sang Ibu. Selain itu, biarkan sang anak memilih keinginannya sendiri, sebab anak akan lebih semangat untuk berangkat ke sekolah dengan memakai barang hasil pilihannya. Namun, harus sesuai kebutuhan, ya. 

2. Ajak anak memasang label nama pada alat sekolah

Usai berbelanja kebutuhan sekolah bersama, jangan lupakan aktivitas selanjutnya, yaitu menempelkan label nama bersama sang anak. Dengan adanya label, akan muncul perasaan memiliki akan barang tersebut dan rasa tanggung jawab dengan menjaga barang pada diri sang anak. Barang-barang tersebut biasanya meliputi buku, botol minum, tempat makan, dan tas. 

3. Playdate

Saat musim liburan mungkin akan dilakukan dengan mengunjungi dan berkumpul bersama keluarga. Namun, jangan sampai melupakan koneksi sang anak dengan teman-temannya. Pada anak di atas usia tiga tahun, biasanya interaksi dengan temannya sudah mulai tumbuh dan tahu bagaimana asyiknya bermain bersama teman. Cara ini dapat dilakukan dengan mengadakan janji di sebuah playground dan melakukan makan siang serta main bersama. 

Pilihan Editor: Alasan Penting Mendampingi Anak Sekolah di Awal Tahun Ajaran Baru

AN NISA RISTIANTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."