5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Keputusan dalam Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hubungan, kita sering perlu mengambil keputusan dengan pasangan. Keputusan yang diambil dapat melibatkan keputusan besar, keputusan yang mengubah hidup serta keputusan kecil tentang hubungan atau kehidupan sehari-hari. Namun, membuat keputusan dalam hubungan bisa jadi rumit karena menuntut Anda dan pasangan menemukan landasan yang dapat disepakati bersama.

Bagi orang-orang yang memiliki keterikatan tidak aman, ini bisa lebih sulit karena mereka sangat ketat dalam hal-hal yang seharusnya.

"Mengambil keputusan bersama seringkali merupakan salah satu aspek yang paling menantang dalam menjalin hubungan, terutama bagi orang-orang dengan keterikatan yang tidak aman yang cenderung terlalu kaku dalam cara mereka, atau terlalu fleksibel," jelas pakar hubungan Julie Menanno saat dia menjelaskan hal-hal yang harus kita ingat saat membuat keputusan dalam sebuah hubungan, dikutip dari laman Times of India, Jumat, 22 Juli 2023.

Menurut Menanno, menemukan titik tengah tidak selalu mudah, tetapi selalu dimulai dengan komunikasi yang berkualitas. Komunikasi yang sehat akan jauh lebih berdampak pada kualitas hidup Anda daripada hasil dari sebagian besar keputusan.

Berikut sejumlah cara mengambil keputusan dengan pasangan secara sehat.

1. Kerja Tim

Kita perlu memahami bahwa ini bukan tentang diri sendiri versus pasangan. Anda berdua berada di tim yang sama dan harus mengambil keputusan dengan mempertimbangkan kenyamanan kalian berdua.

2. Komunikasi

Jika keputusan diambil sedemikian rupa sehingga salah satu orang kecewa dengan hasilnya, kita perlu mengatasinya. Namun, jika hal itu menimbulkan kekesalan dalam jangka panjang, kita perlu berkomunikasi sama dengan pasangan dan mencari jalan keluar alternatif.

3. Percakapan Lebih dari Sekali

Anda perlu bersabar dalam mengambil keputusan, terutama keputusan besar menuntut banyak percakapan dan pertimbangan. Dan, itu tidak bisa dilakukan sekali saja.

4. Fokus pada Fakta

Alih-alih mencoba meyakinkan pasangan untuk tetap pada keputusan yang menguntungkan diri Anda, fokuslah mengomunikasikan fakta, perasaan, dan emosi Anda agar mereka mengerti.

5. Validasi

Selain memprioritaskan kebutuhan diri sendiri, Andajuga harus memvalidasi kebutuhan dan emosi pasangan secara setara saat mengambil keputusan dalam hubungan.

Pilihan Editor: 7 Cara Menghadapi Masalah dalam Hubungan, Setop Membandingkan dan Kelola Ekspektasi

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."