7 Cara Menghadapi Masalah dalam Hubungan, Setop Membandingkan dan Kelola Ekspektasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika saat ini Anda menghadapi masalah dalam hubungan, Anda tidak sendiri. Bahkan pasangan terbaik pun menghadapi masalah dalam hubungan mereka. Kunci untuk menghadapinya adalah mengatasi tantangan bersama sebelum Anda menjadi begitu stres sehingga Anda mempertimbangkan untuk berpisah. Berikut ini beberapa cara menghadapi masalah dalam hubungan.

1. Jangan Takut untuk Membicarakan

Anda perlu memberi tahu pasangan apa yang Anda butuhkan, apa yang Anda sukai, dan apa yang tidak Anda sukai. Ketika ada masalah dalam hubungan, jangan takut untuk membicarakan apa yang Anda rasakan dan pikirkan, begitu pula dengan pasangan. Keterbukaan ini adalah langkah awal menuju kompromo bagi Anda berdua. Ingatlah, manusia selalu berubah, jadi kita perlu belajar mengatasi perbedaan kita.

2. Berhenti Membandingkan 

Setiap orang pernah membanding-bandingkan pada satu waktu atau yang lain. Ketika Anda membandingkan hubungan Anda dengan orang lain apalagi saat tengah bermasalah, hubungan tidak akan pernah sebanding.

Namun, saat Anda mulai memupuk "kami" dalam hubungan, Anda dapat membuat penilaian yang lebih realistis. Hal-hal apa yang baik tentang hubungan kalian berdua? Hal-hal apa yang buruk? Jangan takut untuk mencantumkannya. Tidak ada hubungan yang sempurna. Jadi, berhentilah berusaha untuk menjadi sempurna dan lihatlah gambaran keseluruhannya yang terbaik bagi Anda berdua.

3. Kelola Ekspektasi

Ekspektasi turut berperan penting dalam setiap hubungan. Kita hidup di dunia di mana segalanya tentang menetapkan tujuan. Sangat mudah untuk terjebak dalam tujuan dan melewatkan menikmati prosesnya. Tak satu pun dari Anda yang sempurna. 

Berhentilah menetapkan tenggat waktu dalam hubungan. Anda tidak harus membeli rumah dalam setahun atau memiliki tepat dua anak, satu laki-laki dan satu perempuan. Ekspektasi yang berlebihan bisa membuat Anda merasa buruk dan mengarah pada kebencian.

Baca juga: 5 Alasan Pasangan Kerap Picu Pertengkaran tanpa Sebab, Cari Perhatian atau Kebiasaannya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."