Benarkah Minum Air Selada Bantu Tidur Lebih Nyenyak? Ini Kata Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Lactuca sativa atau selada romaine. shutterstock.com

Lactuca sativa atau selada romaine. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam tips dan trik dibagikan di platform video. Salah satunya terkait air selada yang disebut bisa bantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Video dengan tagar #LettuceWater telah ditonton lebih dari 43 juta kali pada akhir Juni silam.

Di sebagian besar video TikTok dengan tagar #LettuceWater, dibagikan pula cara membuat air selada dengan menggunakan segenggam besar (atau terkadang semuanya) selada iceberg, selada romaine, atau jenis selada lainnya, lalu rendam daunnya dengan air panas selama beberapa menit (hingga 15 menit), angkat selada, lalu minum kaldu sayuran selagi hangat. Beberapa orang telah menambahkan teh peppermint untuk membantu rasa.

Lantas, apakah benar air selada berkhasiat bantu tidur lebih nyenyak? Hingga saat ini, menurut spesialis tidur Michael Brus, tidak ada bukti konklusif yang membuktikan bahwa meminum teh hangat beserta selada akan membantu tidur

Menilik beberapa penelitian yang dipaparkan PopSugar pada 30 Juni 2023, tahun 2017 terdapat satu studi yang mengamati potensi daun selada dan ekstrak biji selada untuk mendorong durasi tidur yang lebih lama pada tikus, dan ternyata hal itu dapat membantu. 

Setahun kemudian, ada pula studi pada manusia melihat efek ekstrak biji selada pada insomnia terkait kehamilan dan menemukan bahwa memang mengurangi insomnia dan dapat direkomendasikan sebagai obat alami yang aman untuk pengobatan insomnia terkait kehamilan.

Baca juga: Alasan Mengapa Minum Teh Hijau Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Dan baru-baru ini, sebuah studi tahun 2023 tentang sejenis selada Korea yang disebut Heukharang menemukan bahwa ekstrak daun selada Heukharang menunjukkan manfaat tidur pada tikus. Meskipun ada potensi bahwa selada dapat membantu tidur, belum ada penelitian ilmiah pada manusia untuk mendukungnya.

Sementara itu, selada liar pernah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat penenang selama abad ke-19, khususnya zat susu kering yang disekresikan disebut lactucarium. Tapi dokter Michelle Drerup mengatakan dalam artikel New York Times, "merebus beberapa daun tidak akan melepaskan ekstrak yang cukup untuk memberi efek pada Anda."

Jadi jika dari sains belum terbukti khasiatnya, mengapa begitu banyak peminum teh selada yang tertidur? "Orang-orang putus asa (untuk tidur) dan mengikuti tren," ujarnya.

Menurut Dr. Breus, itu efek plasebo. Jika meminum sesuatu yang Anda pikir (dan harap) akan membuat mengantuk, Anda akan lebih merasakan efek tertidur. Bisa juga tindakan menyeruput minuman hangat di malam hari yang membantu orang tertidur.

Bagaimanapun juga, meminum air selada tidak berbahaya, jadi jangan ragu bila ingin mencobanya, tapi harus mencuci selada dengan baik terlebih dahulu sebelum direbus. Dan jika mulai merasa mengantuk, perlu diingat bahwa mungkin pikiran Anda yang membujuk untuk tertidur daripada selada.

Pilihan Editor: 4 Kebiasaan Minum yang Bikin Tidur Lebih Nyenyak 

AN NISA RISTIANTI | POP SUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."