Alasan Mengapa Minum Teh Hijau Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penelitian telah menunjukkan bahwa sejumlah minuman dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, seperti jus ceri asam dan teh kamomil. Tapi ada satu minuman pengantar tidur yang direkomendasikan para ahli yang belum banyak disadari, yakni teh hijau. Menurut Michael Breus, spesialis tidur terkemuka yang dikenal sebagai "Dokter Tidur" dan psikolog klinis, minum teh hijau bikin tidur lebih nyenyak.

“Minum teh hijau sepanjang hari—ya, bukan di malam hari—dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan kualitas tidur," kata Dr. Breus.

"Ini karena senyawa dalam teh hijau yang disebut L-theanine, yang membantu otak rileks dengan mengurangi hormon yang berhubungan dengan stres dan kegembiraan neuron," tambahnya.

Jika Anda secara teratur mengonsumsi teh hijau beberapa jam sebelum tidur, Anda dapat tidur nyenyak sepanjang malam, tanpa bangun di tengah malam untuk buang air kecil).

Dr. Breus juga mengimbau untuk memilih teh hijau yang rendah kafein. Sebab ada beberapa campuran teh hijau, terutama matcha, memiliki kandungan kafein yang tinggi. "Hal itu mungkin membuat Anda tetap terjaga jika Anda meminumnya terlalu larut, ”kata Dr. Breus.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dengan pengurangan kafein sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. 

Hubungan L-theanine dan Kualitas Tidur

Menurut Dr. Breus, L-theanine membantu meningkatkan relaksasi dan kualitas tidur dengan berkontribusi pada sejumlah perubahan di otak. 

“L-theanine meningkatkan kadar asam gamma-aminobutirat atau GABA, serta serotonin dan dopamin. Bahan kimia ini dikenal sebagai neurotransmiter. Peningkatan kadar bahan kimia otak yang menenangkan ini meningkatkan relaksasi dan dapat membantu tidur," katanya.

Reaksi ini secara bersamaan dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesehatan otak Anda dalam jangka panjang.

L-theanine juga mengurangi kadar bahan kimia di otak yang terkait dengan stres dan kecemasan. Pada dasarnya, penelitian memberi tahu kita bahwa L-theanine dapat meningkatkan kualitas tidur tidak hanya dengan bertindak sebagai obat penenang, tetapi juga dengan menurunkan kecemasan dan meningkatkan relaksasi.

"Ini menunjukkan bahwa L-theanine dapat melindungi sel-sel otak terhadap stres dan kerusakan yang berkaitan dengan usia dari waktu ke waktu," ujar Dr. Breus.

Terakhir, ahli tidur mencatat bahwa L-theanine juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan fokus. L-theanine tampaknya memicu pelepasan gelombang alfa, yang meningkatkan relaksasi, fokus, dan kreativitas.

"Itulah keadaan pikiran yang Anda alami saat bermeditasi, menjadi kreatif, atau membiarkan pikiran Anda mengembara dalam lamunan,” kata Dr. Breus. Studi menunjukkan bahwa gelombang alfa terlihat di electroencephalogram (EEG) selama keadaan terjaga normal di mana subjek sedang beristirahat dengan tenang.

Jadi, minum teh hijau bisa bikin tidur lebih nyenyak asalkan memilih teh hijau yang rendah kafein dan pada waktu yang wajar, setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

Baca juga: Rutin Minum Teh Hijau, Berikut 4 Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."