Mengenal Apa Itu Kecerdasan Emosional Beserta Ciri-cirinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

IKLAN

Komponen Utama Kecerdasan Emosional

1. Memahami Emosi

Langkah pertama dalam memahami emosi adalah memahaminya secara akurat. Dalam banyak kasus, ini mungkin melibatkan pemahaman sinyal nonverbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

2. Penalaran Emosi

Komponen selanjutnya melibatkan penggunaan emosi untuk meningkatkan pemikiran dan aktivitas kognitif. Emosi membantu memprioritaskan apa yang kita perhatikan dan tanggapi; kita merespons secara emosional terhadap hal-hal yang menarik perhatian kita.

3. Mengulik Penyebab Emosi

Emosi yang kita rasakan dapat membawa berbagai makna. Jika seseorang mengekspresikan emosi marah, pengamat harus menginterpretasikan penyebab kemarahan orang tersebut dan apa artinya.

Misalnya, jika bos Anda bertingkah marah, itu mungkin berarti dia tidak puas dengan pekerjaan Anda, atau bisa jadi karena dia mendapat tilang dalam perjalanan ke tempat kerja pagi itu atau karena dia berkelahi dengan pasangannya.

4. Mengelola Emosi

Kemampuan mengelola emosi secara efektif adalah bagian penting dari kecerdasan emosional dan level tertinggi. Mengatur emosi dan menanggapi dengan tepat serta menanggapi emosi orang lain merupakan aspek penting dari pengelolaan emosi.

Pilihan Editor: IQ Saja Tidak Cukup, Ini 7 Tanda Seseorang Punya Kecerdasan Emosional Tinggi

VERY WELL MIND

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."