IQ Saja Tidak Cukup, Ini 7 Tanda Seseorang Punya Kecerdasan Emosional Tinggi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi anak perempuan dan laki-laki melihat telepon pintar. (Unsplash/Tim Gouw)

Ilustrasi anak perempuan dan laki-laki melihat telepon pintar. (Unsplash/Tim Gouw)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kecerdasan intelektual atau intelligence quotient (IQ) sudah umum dikenal. Selain IQ, EQ (emotional quotient) alias kecerdasan emosional penting pula untuk dimiliki. Tidak semuanya orang memiliki atau bahkan tidak menyadari berapa level EQ yang dimiliki.

Kecerdasan emosional sendiri adalah kemampuan untuk mengatur bahkan membaca emosi diri sendiri dan juga orang lain. Melansir dari timesofindia, Senin 14 Juni 2021, berikut adalah tanda-tanda kecerdasan emosional tingkat tinggi:

1. Refleksi diri adalah kunci
Kecerdasan emosional sebagian besar tentang kesadaran, baik dari diri sendiri maupun orang lain. Refleksi diri adalah kunci dari kecerdasan emosional, contohnya seperti empati.

2. Mengendalikan pikiran mereka
Orang dengan kecerdasan emosional mungkin tidak dapat mengontrol perasaan mereka sepanjang waktu. Tetapi mereka dapat mengontrol bagaimana mereka bereaksi dengan memantau pikiran mereka.

3. Menerima kritik
Umpan balik tidak menyenangkan tetapi dapat digunakan sebagai pengalaman belajar. Orang yang cerdas secara emosional selalu berusaha untuk meningkatkan diri dari kritik yang diterima.

4. Mereka berpikir sebelum bertindak
Orang dengan kecerdasan emosional akan mengambil waktu sejenak untuk berhenti dan berpikir sebelum bertindak atau bereaksi. Mereka apa memperhitungkan semuanya sebelum melakukan sesuatu.

5. Mereka jadi diri sendiri
Orang dengan kecerdasan emosional percaya untuk tetap menjadi diri mereka sendiri. Mereka tidak menikmati kepalsuan atau mencoba menjadi seperti orang lain.

6. Mereka memuji orang lain
Ketika Anda memuji seseorang, Anda memuaskan kebutuhan mereka dan membangun kepercayaan. Orang yang cerdas secara emosional sangat spesifik dalam pujian mereka.

7. Mereka melayani orang lain
Ketika seseorang merasa tidak aman dan sedang dalam keadaan tidak baik, secara alami orang dengan kecerdasan emosional akan mengulurkan tangan dan membantu orang lain. Mereka akan melakukan hal itu tanpa diminta.

Baca: Cara Melatih Kecerdasan Emosional Agar Karier Cemerlang

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."