Perempuan Lebih Sering Alami Sembelit Ketimbang Pria, Menurut Studi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang perut. Foto: Freepik.com/benzoix

Ilustrasi wanita memegang perut. Foto: Freepik.com/benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSembelit jauh lebih sering dialami perempuan ketimbang pria. Sementara itu, pria menghabiskan lebih banyak waktu di toilet dan juga cenderung kentut lebih banyak daripada wanita. Fakta tersebut diperoleh dari survei yang dilakukan di Inggris yang mempelajari kebiasaan buang air besar di Inggris.

The Big Poo Review – bermitra dengan Steph's Packed Lunch, di Channel 4 – memberikan kilasan aktivitas orang Inggris di kamar mandi dan menghasilkan beberapa wawasan menarik, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Kamis, 29 Juni 2023. Sekitar 142.768 orang di Inggris Raya berusia 18 tahun atau lebih mengambil bagian dalam survei ini yang mengambil masukan dari 110.627 perempuan, 32.023 pria, dan 118 orang yang memilih 'lainnya'.

Sekitar 13 persen pria dan lebih dari 23 persen perempuan dilaporkan menderita sembelit dari 21 persen orang yang mengalami sembelit dalam survei.

Di sisi lain, diare menurut survei ini ditemukan lebih umum pada laki-laki (17,5 persen) dibandingkan dengan perempuan (14,7 persen), sedangkan IBS (sindrom iritasi usus), suatu kondisi yang ditandai dengan kram perut, kembung, diare dan sembelit lebih banyak dialami perempuan (19,1 persen) dibandingkan pria (10,1 persen)

Menurut Dr Will Bulsiewicz, direktur medis ZOE AS dan ahli gastroenterologi bersertifikat, alasan perempuan lebih sering alami sembelit ketimbang pria karena memiliki waktu transit usus yang lebih lama hingga hormon seks wanita yang dapat memperlambat motilitas usus.

Baca juga: Ibu Hamil Sering Sembelit, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Siapa yang Menghabiskan Lebih Banyak Waktu di Toilet?

Dalam hal menjawab panggilan alam, pria membutuhkan waktu lebih lama (5,26 menit) daripada perempuan (3,53 menit), sesuai survei. Menurut Dr Bulsiewicz, menghabiskan lebih banyak waktu di toilet tidak ideal karena darah mengalir ke jaringan di sekitar bokong saat Anda jongkok dan ini dapat memperburuk wasir.

Perempuan Lebih Banyak Menderita IBS daripada Pria

Sekitar 10,1 persen pria menderita sindrom iritasi usus (IBS), sementara 19,1 persen perempuan melaporkan masalah pencernaan ini sesuai survei.

Pria Kentut Lebih Banyak ketimbang Perempuan

Sesuai Big Poo Review, perempuan kentut rata-rata 8 kali sehari, sementara pria buang angin 9 kali sehari. Survei tersebut juga menemukan bahwa kelompok usia yang lebih muda paling sering buang angin (9,8 kali per hari) dibandingkan dengan mereka yang berusia 58 tahun atau lebih yang rata-rata hanya kentut 7,3 kali sehari.

Survei juga mencatat bahwa sebagian besar orang tidak buang air besar setelah bangun tidur dan lebih dari 60 persen buang air besar setelah sarapan.

Pilihan Editor: Sembelit Bisa menjadi Penyebab Masalah Kulit, Begini Penjelasan Ahli

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."