6 Cara Merawat Kulit Leher agar Mulus dan Tetap Kencang

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi leher (pixabay.com)

Ilustrasi leher (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian besar upaya perawatan kulit cenderung hanya bagian dari dagu ke atas, area leher kerap terabaikan. Padahal kulit leher lebih rentan keriput dan kendur karena lebih tipis ketimbang kulit wajah. Bukan itu saja, kulit leher juga memiliki lebih sedikit kelenjar minyak, folikel rambut, dan sel punca yang mendukung pembaharuan kulit, menurut Carmen Castilla, dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat.

Carme mengatakan bahwa tanda-tanda umum dari penuaan leher termasuk garis horizontal yang dalam, kulit tipis, kendur hingga keriput. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya mencegah penuaan leher, Anda dapat menerapkan beberapa cara merawat kulit leher agar tetap mulus dan kencang.

1. Membersihkan Setiap Hari

Jangan lupa membasuh kulit di bawah dagu, leher hingga ke dada. Ini cenderung menjadi kotor seperti bagian wajah yang lain, dan riasan bahkan dapat meluruh ke bawah. Anda bisa menggunakan pembersih micellar water dan kapas untuk memastikan jejak kotoran hari itu terangkat. 

2. Kenakan Tabir Surya dan Jangan Lupa Reapply

Sama seperti wajah dan bagian tubuh lainnya, kulit leher juga membutuhkan perlindungan sinar matahari setiap hari untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

“Paparan sinar matahari dari waktu ke waktu akan mengubah kualitas kulit,” kata Dr. Castilla, dikutip dari laman Real Simple, Senin, 12 Juni 2023.

"Akibatnya kulit berkerut, atau perubahan warna coklat kemerahan," sambungnya.

Maka dari itu, dia merekomendasikan menerapkan tabir surya atau sunscreen SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari. Pastikan untuk mengaplikasikan kembali atau reapply tabir surya setiap dua hingga empat jam sekali, atau lebih sering jika berada di luar ruangan, berkeringat, atau berenang.

3. Oleskan Serum Antioksidan di Pagi Hari

Sementara tabir surya melindungi kulit dari teriknya paparan sinar matahari, antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang juga dapat menyebabkan tanda penuaan dini. Luangkan waktu untuk mengoleskan serum antioksidan ke kulit leher di pagi hari untuk merawat kesehatan kulit leher.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."