5 Cara Melindungi Kulit Wajah dari Polusi Udara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Polusi udara berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Mulai dari kesulitan bernapas, mata pedih, peningkatan risiko infeksi pernapasan, dan sakit kepala, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC. Bukan cuma itu, polusi udara juga berdampak buruk pada kulit wajah. Itu berkaitan dengan stres oksidatif, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of European Academy of Dermatology and Venereology. 

Studi tersebut menemukan bahwa polusi dalam dan luar ruangan dapat mengaktifkan jalur inflamasi dan menurunkan kadar antioksidan pada kulit.

“Oksidasi merusak DNA, menyebabkan kerusakan kolagen, dan memengaruhi fungsi penghalang kulit,” kata dokter kulit bersertifikat Amy Wechsler, asisten profesor klinis psikiatri di Weill Cornell Medical College, Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman Women's Health, 9 Juni 2023.

“Itu berarti penuaan dini, potensi peningkatan risiko kanker kulit, penurunan pergantian sel kulit yang sehat, dan hilangnya kelembapan.”

Polusi udara perkotaan sehari-hari salah satu contohnya dari karbon monoksida yang dihasilkan oleh mesin bertenaga bahan bakar fosil di mobil, peralatan konstruksi, dan perahu, menurut Dennis Gross, MD, pakar kanker kulit terkenal di New York dan pendiri Dr. Dennis Gross Skincare.

Baca juga: 6 Makanan Ini Bantu Mencegah Efek Buruk Polusi Udara

Untuk melindungi kulit dari polusi udara, ada sejumlah cara yang dianjurkan dokter kulit dan estetika.

1. Cuci Muka secara Menyeluruh

Sekarang bukan saatnya untuk berhemat dalam pembersihan, ada baiknya menggunakan pencuci wajah berkualitas tinggi untuk menghilangkan partikel dan radikal bebas berbahaya sebelum dapat merusaknya.

“Sebagian besar partikel terlalu kecil untuk dilihat, tetapi Anda masih bisa membersihkannya,” kata Wechsler.

Dan meskipun Anda mungkin tidak menganggap riasan sebagai produk pelindung, dalam hal ini adalah sebenarnya saat yang tepat untuk memakai riasan. Menurut Dr. Gross, itu dapat membentuk penghalang pelindung pada kulit.

2. Lapisan Antioksidan

Sebagian besar kerusakan yang disebabkan oleh polusi terkait dengan stres oksidatif—dan itu kabar baik karena ada bahan topikal yang dirancang untuk mengatasi kerusakan semacam itu.

“Antioksidan dapat digunakan untuk menetralisir radikal bebas yang dihasilkan oleh polutan,” kata Bradley Glodny, instruktur dermatologi kosmetik di New York-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center, Amerika Serikat.

Saat mencari serum antioksidan, Glodny dan Gross merekomendasikan untuk memindai label bahan untuk bentuk vitamin C paling ampuh, yang disebut asam askorbat.

“Vitamin C adalah antioksidan paling kuat di dunia perawatan kulit,” kata Gross. “Itu akan berdampak bahkan setelah asap api (kebakaran hutan) hilang,” lanjutnya.

Tepuk-tepuk setelah dibersihkan sebelum keluar rumah (sejujurnya, ini saran perawatan kulit yang solid, kebakaran hutan atau tidak).

Baca juga: Produksi Kolagen pada Kulit Bisa Turun Akibat Terpapar Polusi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."