5 Cara Melindungi Kulit Wajah dari Polusi Udara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

3. Pakai Tabir Surya

Radiasi ultra-violet (UV) dapat menembus polusi, bahkan tutupan awan, menurut Yayasan Kanker Kulit di Amerika, jadi mengolesi lapisan pelindung matahari yang banyak tidak dapat dinegosiasikan. Maka dari itu, pemakaian tabir surya termasuk cara melindungi kulit wajah dari polusi udara.

“Sinar UV dapat bersarang di bawah lapisan asap, menciptakan efek seperti rumah kaca,” kata Gross.

“Dan ada paparan sinar matahari yang lebih besar saat mereka diisolasi dan terperangkap di dekat permukaan bumi.” Dan sinar ini menciptakan stres oksidatif, yang berpotensi menambah efek buruk dari polusi, tambah Wechsler.

American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan produk dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan saat ini Anda dapat menemukan pelembab yang menggabungkan perlindungan matahari dengan antioksidan, menggabungkan dua pelindung kulit yang kuat dalam satu produk.

4. Pelembap Kaya Gizi

Jika pada umumnya Anda menolak krim kental, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali selama masa polusi tinggi (atau jika Anda tinggal di lingkungan perkotaan sepanjang tahun). Kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh partikel mempengaruhi cara sel kulit berfungsi — bagaimana mereka tumbuh dan berlipat ganda, misalnya — mengorbankan kemampuan kulit Anda untuk mempertahankan kelembapan, kata Glodny.

Ini adalah fenomena yang dikenal sebagai kehilangan air transepidermal (TEWL), dan Anda dapat mengurangi efeknya dengan menciptakan penghalang penahan kelembapan Anda sendiri dalam bentuk pelembap kental dengan bahan oklusif seperti petrolatum, shea butter, atau minyak nabati.

5. Hentikan Skincare Berbahan Aktif

Jika rutinitas produk perawatan kulit atau skincare Anda mengandung bahan topikal yang kuat seperti resep retinoid atau asam pengelupas dan Anda mengalami iritasi ekstra saat ini, bicarakan dengan dokter kulit Anda tentang penghentian sementara penggunaannya.

"Dengarkan kulitmu," kata Wechsler. Jika kulit Anda bereaksi, Anda mungkin perlu rehat sejenak. Dan sekarang mungkin bukan waktunya untuk kehabisan tenaga dan melakukan pengelupasan kimiawi.

Pilihan Editor: 4 Cara Melindungi Kesehatan Rambut dari Polusi Udara

WOMEN'S HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."