Cara Menghapus Cat Kuku Gel di Rumah, Menurut Pakar Manikur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kuteks gel. Amazon

Ilustrasi kuteks gel. Amazon

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menghapus cat kuku gel salah satu tantangan tersendiri bagi sejumlah orang. Sebab beberapa di antara mereka memaksakan cat kuku gel lepas begitu saja, dan akhirnya berujung merusak kuku.

“Cat kuku gel memiliki daya rekat yang sangat baik antara lapisan dasar dengan kuku yang sebenarnya, jadi saat mengelupas, pada dasarnya Anda telah merobek lapisan atas kuku alami karena zat pengikat itu bertahan dengan sangat baik," ucap Anastasia Totty, teknisi kuku dan pendiri Lechat Nails di Amerika, seperti dikutip dari laman Women's Health, Jumat, 9 Juni 2023.

Menurut Totty, tindakan tersebut berisiko menghilangkan sebagian lapisan keratin dari kuku asli.

Jika Anda ingin menghapus cat kuku gel dengan cepat tanpa pergi ke salon, Anda dapat melakukannya di rumah asalkan dengan alat dan langkah yang tepat.

Alat yang Dibutuhkan:

  • Pengikir kuku
  • Pendorong kutikula
  • Bola kapas
  • Alumunium foil
  • Rendam penghilang atau aseton
  • Minyak kutikula
  • Mangkuk kaca (opsional)
  • Pemotong kuku (opsional)

Setelah semua alat yang dibutuhkan tersedia, selanjutnya siap untuk memulai.

Cara Menghapus Cat Kuku Gel di Rumah

Langkah 1: Siapkan Kutikula

Aseton bisa menyebabkan rasa kering pada kulit di sekitar kuku. Untuk memulai, dorong kembali kutikula Anda dengan lembut. Jika merasa nyaman dan tidak kesakitan, lanjutkan dengan penjepit kutikula untuk memotong kulit mati.

Bila dirasa perlu, Anda dapat mengoleskan minyak kutikula menggunakan pelembut kutikula.

"Hal pertama yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apa yang Anda rencanakan setelah melepasnya (kuteks gel) karena itu akan menentukan langkah selanjutnya," kata Syreeta Aaron, teknisi kuku dan pendiri Lechat Nails.

"Saya tidak akan merekomendasikan penggunaan minyak jika ke depannya berencana untuk mengoleskan kembali kuteks gel. Saat mengoleskan cat kuku gel ke kuku alami, tujuannya adalah untuk menghilangkan semua minyak alami sehingga cat kuku dapat menempel dengan baik.”

Baca juga: 4 Kiat Mencegah Gelembung Cat Kuku

Langkah 2: Kikir Lapisan Cat Kuku Pertama

Mengikir kuku sebelum merendamnya akan memastikan aseton dapat mengurai cat kuku. Aaron dan Totty merekomendasikan penggunaan filer yang memiliki grit 100/180. Anda mungkin memiliki beberapa lapisan pemoles tergantung pada warna yang dikenakan, tetapi terdapat petunjuk yang akan memberi tahu kapan harus berhenti.

"Tanda Anda selesai mengikir kalau sudah tidak putih lagi," kata Aaron. "Ketika mengikir lapisan teratas, itu akan terlihat putih. Setelah berhenti terlihat putih seperti kapur, Anda tahu bahwa Anda telah mendapatkan warna kuku asli," lanjutnya.

Ada pilihan lain untuk mengikir selain menggunakan filer dengan grit, Anda dapat mengikir lapisan teratas cat kuku gel menggunakan e-filer. Pastikan tidak memberikan terlalu banyak tekanan atau memasukkannya untuk waktu yang lama. Jika mulai merasakan sakit, segera hentikan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."