5 Tanda Kamu Alami Silent Treatment

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baik itu hubungan asmara, persahabatan atau lingkungan kerja, terkadang kita menjumpai situasi di mana kamu merasa terpinggirkan oleh perlakuan diam atau silent treatment orang lain. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari kemarahan hingga akibat konflik. Namun, hal itu dapat memengaruhi kita secara emosional dan mental, terutama perasaan tidak tahu apa yang menyebabkan perilaku tersebut.

"Silent treatment adalah penolakan untuk berkomunikasi secara verbal dengan seseorang dan sering digunakan sebagai sarana untuk menghukum atau mengontrol," ungkap terapis Allyson Kellum-Aguirre seperti dikutip dari Hindustan Times, Senin, 6 Juni 2023.

Tidak ada yang salah dengan menetapkan batasan yang sehat dan mengungkapkan kebutuhan untuk mengambil jarak atau istirahat, tetapi itu sangat berbeda dengan silent treatment.

“Bentuk komunikasi yang negatif dan mengendalikan ini bisa menjadi kasar jika tidak ada perubahan,” tegas Allyson.

Berikut tanda-tanda kamu alami silent treatment

1. Mengabaikan

Saat kamu ingin menghabiskan waktu bersama orang tersebut, tapi mereka mengabaikan, itu bagian dari silent treatment. Dari menolak berbicara dengan kamu hingga menutup telinga dan pergi, tindakan pengabaian ini bisa bermacam-macam.

2. Dihukum dalam Diam

Terkadang diam itu menghibur, dan terkadang tidak. Diam dari orang yang kita cintai untuk waktu yang lama tanpa memahami apa penyebabnya dapat menyebabkan perasaan dihukum oleh mereka.

3. Berkomunikasi dengan Orang Lain, tetapi Tidak dengan Kamu

Saat kamu menerima perlakuan diam-diam didorong ke samping ketika mereka mulai mengambil dan berperilaku baik dengan orang lain, tetapi memilih untuk tetap diam dan menjaga jarak dengan kamu, itu termasuk tanda kamu alami silent treatment.

4. Bak Berjalan di Atas Kulit Telur

Salah satu tanda kamu alami silent treatment adalah kamu merasa tidak aman dan nyaman dengan reaksi mereka. Maka dari itu, kamu mulai merasa 'berjalan di atas kulit telur' saat berada di dekat mereka.

5. Seolah-olah Sibuk

Saat kamu memulai percakapan, orang yang melakukan silent treatment bisa seolah sibuk untuk menjauh dari percakapan.

Pilihan Editor: Tidak Hanya Diam, Silent Treatment juga Menutup Komunikasi

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."