Agar Tak Lapar Mata, Simak Tips Belanja Bahan Makanan Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi bahan makanan. shutterstock.com

Ilustrasi bahan makanan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan nutrisi, seseorang harus menerapkan pola hidup yang sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Oleh sebab itu, penting untuk kita menyediakan bahan makanan yang sehat sehari-hari. 

Berikut tips belanja bahan makanan yang sehat, termasuk cara memilih makanan bergizi, membuat daftar belanja yang cerdas, dan menyimpan persediaan agar seseorang tidak terlalu sering berbelanja bahan makanan, seperti diberitakan laman Healthline beberapa waktu lalu.

1. Sebelum pergi, buatlah perencanaan

Sebelum pergi membeli bahan makanan, sebaiknya seseorang memikirkan menu makanannya terlebih dulu. Setelah itu, buatlah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan.

Daftar belanjaan dapat membantu seseorang tetap pada tugas dan mengingatkan tentang barang yang dibutuhkan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa daftar belanjaan dapat membantu membuat pilihan yang lebih sehat saat berbelanja.

2. Belilah bahan makanan yang bisa bertahan lama

Jika tak memiliki banyak waktu untuk sering berbelanja bahan makanan, sebaiknya belilah bahan makanan yang awet atau tidak mudah busuk. Isi kulkas dengan bahan-bahan makanan seperti buah-buahan segar, sayuran, produk susu, dan lain sebagainya.

3. Utamakan makanan bernutrisi 

Cara untuk memilih bahan makanan yang sehat adalah utamakan makanan utuh dan padat nutrisi. Kemudian, jika membeli makanan yang dikemas, jangan lupa baca label nutrisi dan daftar bahan yang terkandung di dalamnya.

4. Tips membaca label kemasan

Hanya karena suatu barang dikemas, belum tentu itu tidak sehat. Meski tidak sehat, makanan olahan biasanya memiliki daftar bahan yang panjang, hal yang sama berlaku untuk makanan kemasan tertentu yang bergizi.

Oleh karena itu, penting untuk melihat label bahan sebelum memutuskan apakah akan membelinya atau tidak. Jika beberapa bahan utamanya adalah jenis pemanis, biji-bijian olahan, atau minyak olahan, biasanya tidak cocok bagi orang yang sedang diet.

Mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan risiko kondisi seperti penyakit jantung, gangguan kesehatan mental, dan diabetes tipe 2.

Jika berbelanja barang-barang yang biasanya mengandung gula tambahan, seperti granola atau sereal, tip yang baik adalah memilih produk yang mengandung kurang dari 6 gram (1,5 sendok teh) gula tambahan per porsi.

5. Jangan berbelanja ketika sedang lapar

Sebelum pergi berbelanja bahan-bahan makanan, sebaiknya pastikan perut sudah terisi. Sebab, kondisi lapar dapat membuat jadi membeli bahan-bahan yang tidak diperlukan.

Kondisi perut yang kenyang juga bisa membantu untuk tetap fokus pada daftar belanja yang sudah dibuat.

Pilihan Editor: Agar Tahan Lama, Begini Cara Menyimpan Bahan Makanan seperti Tepung, Gula, dan Garam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."