Koleksi Pelesir dari ohmmbybai, Pancarkan Pesona Tenun Galaran Monokrom

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Koleksi Pelesir kolaborasi Bai Soemarlono dengan Cita Tenun Indonesia (CTI). Foto: Dok. CTI

Koleksi Pelesir kolaborasi Bai Soemarlono dengan Cita Tenun Indonesia (CTI). Foto: Dok. CTI

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia, desainer Bai Soemarlono dari jenama ohmmbybai merilis koleksi Pelesir. Ya, sesuai dugaan Anda, rancangan busana bertema liburan. Bukan cuma itu, koleksi ini juga menyuguhkan keindahan tenun ikat motif galaran dengan warna monokrom, abu-abu tua dan abu-abu muda. Yuk, kita simak  sederet fakta menarik koleksi Pelesir.

Alasan Memilih Tenun Ikat dan Motif Galaran

Bai sebelumnya dikenal sebagai pendiri Populo Batik, yang fokus mengeksplorasi batik dan lurik pada desainnya. Kini, dia ingin berkreasi dengan tenun tanpa melupakan akarnya di batik dan lurik. Sementara itu, mengapa motif galaran yang dipilih Bai? Itu salah satu motif favoritnya.

"Galaran itu dari kata ‘galar’. Artinya garis melengkung terputus-putus yang bisa ada di mana saja termasuk di serat kayu. Galaran itu salah satu motif batik yang saya suka," ujarnya di Jakarta Pusat, pada Senin, 28 Mei 2023.

(dari kanan) Bai Soemarlono dan Joe Lim, pendiri jenama oohmbybai ditemui di Cork&Screw Country Club, Jakarta Selatan, pada Senin, 29 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

"Sebelum kita mengerjakan tenun, kita desainer batik dan lurik, jadi kita mix (campur), main character (karakter utama) tetap tenun, kita kasih aksen lurik dan batik. Contohnya, yang polos lurik, yang hitam putih batik tulis. Kita menonjolkan Wastra Nusantara," lanjut Bai.

Tenun Ikat Motif Galaran yang dalam bahasa  Jawa, mengacu pada motif serat kayu pohon yang juga terlihat seperti gelungan ombak dan kulit kuda zebra.

Proses Pembuatan dan Inspirasi

Menurut Bai, dan Joe Lim yang juga pendiri ohmmbybai, pembuatan koleksi Pelesir sekitar enam bulan, sejak November 2022. Menurutnya, produksi tenun selama satu bulan hanya bisa mendapatkan 20 meter.  "Pembuatannya detail dan butuh waktu. Penuh perjuangan dari para perajin," ujar Bai.

Bekerja sama dengan perajin binaan Cita Tenun Indonesia di Jawa Tengah, tenun ikat galaran dikerjakan menggunakan metode pewarnaan alami dari proses fermentasi buah jalawe (Terminalia Bellirica). Pembinaan dengan teknik pewarnaan alam  pada daerah Jawa Tengah sendiri dilaksanakan Cita Tenun Indonesia pada rentang 2015 - 2016  bekerja sama dengan Hivos.

Kelly Tandiono menjadi salah satu model yang memperagakan busana koleksi Pelesir kolaborasi ohmmbybai dan Cita Tenun Indonesia. Foto: Dok. CTI

Terkait inspirasi busana, Bai dan Joe sepakat mengatakan banyak terinspirasi dari alam, termasuk kebun di rumah

"Inspirasi dari mana aja, kita juga senang traveling, dari alam, di kebun kita di rumah kita," ucap Joe.

Detail Koleksi Pelesir

Sekitar 100 busana koleksi Pelesir dipamerkan oleh para model dari berbagai kalangan seperti model senior Indonesia seperti Dhanny Dahlan, model Kelly Tandiono, pemengaruh Shalom Razade hingga pebisnis Amalia Wirjono.

Seperti yang disampaikan Bai, koleksinya bergaya simpel dan basic. Ada beragam jenis luaran atau outer seperti blazer, crop blazer, jaket, crop jaket, hingga outer panjang. Adapula blus dengan detail punggung terbuka. Blus lengan pendek dan tanpa lengan juga jadi pilihan Bai dan Joe.

Shalom Razade menjadi salah satu model yang memperagakan koleksi Pelesir, kolaborasi Bai Soemarlono dan Cita Tenun Indonesia. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Untuk bawahannya, ada celana pendek di atas lutut dan di bawah lutut, juga model celana panjang  oversized. Rok model wrap juga terdapat di koleksi tersebut.

Selain itu ada beberapa gaun seperti gaun one shoulder, gaun model kimono, dan gaun loose berdetail lipit di bagian bawah.

Gaun one shoulder koleksi Pelesir. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Ragam koleksi Pelesir cocok dipakai saat liburan saat cuaca cerah ataupun daerah panas. Tak cuma pas untuk liburan atau jalan-jalan santai, koleksi ini juga kece dipadukan dengan bawahan formal menjadi gaya smart casual. Misalnya crop blazer atau jaket dipadu dengan celana potongan pinggang tinggi atau high waist.

Jika kamu sedang mencari outfit liburan musim panas di pertengahan tahun ini, koleksi Pelesir dapat menjadi pilihan.

Pilihan Editor: Trunk Show ala Srikandi BUMN, Etnik dengan Tenun Ikat Karya Oscar Lawalata

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."