4 Cara Merebus Telur Rebus Menurut Koki, Pilih Telur yang Lebih Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi telur rebus (Pixabay.com)

Ilustrasi telur rebus (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Telur rebus merupakan hidangan yang menjadi favorit banyak orang, namun seringkali proses merebus dan mengupasnya menjadi hal yang rumit bagi sejumlah orang. Berikut ini sejumlah cara merebus telur untuk hasil yang sempurna menurut Norma Salazar, instruktur koki berpengalaman dari Institute of Culinary Education.

4 Cara Merebus Telur

1. Rebus, jangan sampai mendidih

Selain membuat telur pecah karena gelembung-gelembung besar akibat mendidih, Salazar merekomendasikan untuk menurunkan suhu agar telur tetap mendidih.

"Rebus telur, dan jangan sampai mendidih pada suhu maksimum. Ketika protein menggumpal pada suhu tinggi, protein akan mengerut dan mengering. Hal ini membuat membran bagian dalam melekat erat pada cangkang dan putih telur," katanya seperti dikutip dari Well+Good, Senin, 29 Mei 2023.

 2. Pilihlah Telur yang Lebih Tua

Dalam kebanyakan kasus, ketika memasak, semakin segar bahan makanan, semakin baik. Namun, ketika membuat telur rebus, yang terjadi adalah sebaliknya.

"Telur segar lebih sulit dikupas dibandingkan telur yang sudah berumur satu minggu," kata Salazar.

Menurut peternak telur, Pete & Gerry, putih telur segar terikat kuat pada membran cangkang bagian dalam saat dimasak. Sementara itu, seiring bertambahnya usia telur, tingkat pH meningkat, dan membran bagian dalam cenderung tidak terikat pada albumen, sehingga cangkang lebih mudah terkelupas.

3. Mulailah dengan Sepanci Air Dingin

"Di dalam panci, masukkan air secukupnya hingga menutupi telur setinggi satu inci, dan didihkan air hingga mendidih. Masukkan telur secara perlahan, satu per satu," ujarnya.

Setelah air mulai mendidih, nyalakan pengatur waktu selama 13 menit. Setelah itu, Anda harus segera menghentikan proses memasak. Salazar merekomendasikan untuk memasukkan telur ke dalam bak air setelah waktu habis untuk mencegah telur terlalu matang.

"Masukkan telur yang sudah matang ke dalam rendaman es dan diamkan selama 15 menit sebelum dikupas. Ini akan menghentikan proses memasak dan mencegah zat besi dalam kuning telur bereaksi dengan belerang dalam putih telur dan menciptakan cincin hijau di sekitar kuning telur," kata Salazar.

4. Tambahkan Garam

    Tentu saja, Salazar mengatakan bahwa kita juga bisa menambahkan garam ke dalam panci untuk membantu meningkatkan titik didih. "Saya tidak menambahkan apa pun ke dalam air; ibu saya menambahkan satu sendok teh garam. Garam meningkatkan titik didih air dan membuatnya menjadi lebih panas saat mendidih dan tidak mendidih," katanya.

    Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Konsumsi Telur Rebus, Bantu Turunkan Kolesterol

    Cara Mengupas Telur dengan Mudah

      Menurut Salazar, seperti dalam banyak kegiatan memasak, persiapan yang baik dalam membuat telur rebus berperan penting dalam mencapai hasil yang memuaskan. Salazar menyarankan untuk menusuk telur dengan tusuk sate sebelum direbus.

      "Gunakan tusuk sate untuk membuat lubang kecil di salah satu ujung telur yang bulat, bukan di ujung yang lebih runcing. Ini akan membuka saluran udara dan memungkinkan air masuk di antara membran dan telur," jelas Salazar.

      Tindakan sederhana ini akan membantu proses pengupasan telur menjadi lebih mudah. Namun, dia juga mengingatkan bahwa hal ini akan mengurangi masa simpan telur yang belum dikupas. Dengan mengikuti cara tersebut, kamu akan mendapatkan telur rebus yang lebih mudah dikupas dengan hasil yang memuaskan. 

      Meskipun terdengar seperti telurnya akan pecah saat ditusuk, tapi setelah dilihat dengan seksama, kita akan melihat bahwa tidak ada tanda-tanda telur yang benar-benar pecah.

      "Sebenarnya, cangkangnya hanya retak sedikit. Tapi saat telur dimasak dalam air mendidih, udara di dalamnya membesar dan membuat retakan lebih banyak. Itu memungkinkan sedikit air masuk dan membuat telur lebih mudah dikupas," ungkap Salazar.

      Telur yang tidak dimasak dengan benar memang lebih sulit dikupas, tapi rasa yang dihasilkan juga kurang maksimal.

      Salazar juga mengungkapkan bahwa sebenarnya telur rebus lebih tahan lama daripada yang kita kira. "Salah satu cara cepat untuk mengupas banyak telur rebus adalah dengan menepuk sisi telur ke permukaan meja untuk memecahkannya, lalu secara perlahan berguling menjauh sambil memberikan tekanan. Ini akan menciptakan area lekukan di sekitarnya, sehingga cangkangnya akan terlepas dengan mudah," ungkapnya.

      Setelah beberapa bagian terlepas, Salazar menyarankan untuk menempatkan telur dalam mangkuk besar berisi air dingin saat kita mengupasnya. "Kupas telur di bawah air dalam mangkuk besar. Semua bagian cangkangnya akan terlepas dengan mudah dan telur akan tampak rapi. Metode ini sangat efektif berdasarkan tips sebelumnya," tandas Salazar.

      Pilihan Editor: 6 Tips Mengupas Telur Rebus Agar Lebih Mudah dan Tak Gampang Robek 

      WIDYA FITRIANINGSIH | WELL+GOOD

      Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

      Iklan

      Berita Terkait

      Rekomendasi Artikel

      "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."