Saat Perut Kosong di Pagi Hari, Hindari Makanan dan Minuman Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum kopi. Freepik.com/Racool Studio

Ilustrasi wanita minum kopi. Freepik.com/Racool Studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makan pagi Anda adalah salah satu hal yang paling penting karena membatalkan puasa sepanjang malam dan menjadi asupan pertama yang disantap. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberi perhatian khusus pada apa yang Anda makan saat perut kosong karena dapat berdampak signifikan pada kesehatan Anda. Menurut Neha Sahaya, seorang konsultan nutrisi dan kesehatan asal India, hindari makan makanan manis hingga kopi saat perut kosong. 

Yuk, kita simak sejumlah makanan dan minuman yang perlu dihindari saat perut kosong.

1. Teh dan Kopi

Sahaya mengungkapkan mengonsumsi teh atau kopi saat perut kosong bisa memicu asam lambung, yang dapat mengganggu perut dan menimbulkan masalah pencernaan. Hal itu diamini oleh ahli gizi fungsional Mugdha Pradhan, CEO dan Pendiri, iThrive asal India.

“Teh, kopi, dan bentuk kafein lainnya saat perut kosong di pagi hari jelas tidak direkomendasikan karena kadar kortisol (hormon stres) Anda sudah tinggi ketika Anda bangun di pagi hari dan kafein dapat meningkatkannya. lebih lanjut dan menyebabkan stres berlebih," ungkapnya dikutip dari Indian Express, pada Senin, 29 Maret 2023.

Dia menyarankan menunggu setidaknya satu atau dua jam setelah bangun tidur untuk mengonsumsi kopi, dan meminumnya dengan makanan.

2. Buah-buahan

Menurut Sahaya, buah-buahan dicerna dengan sangat cepat dibandingkan dengan makanan lainnya. “Ini akan membuat kita lapar dalam waktu satu jam. Buah jeruk tertentu yang dimakan saat perut kosong juga bisa menyebabkan keasaman,” katanya.

Baca juga: Bolehkah Konsumsi Buah Jeruk atau Jus Jeruk saat Perut Kosong?

3. Sarapan Manis

Para ahhli menyarankan untuk mengonsumsi sarapan gurih di ketimbang sarapan manis untuk menjaga kadar gula darah.

“Ini sempurna untuk mereka yang ingin menjaga kebugaran mereka. Makan pagi berdasarkan protein dan lemak membantu mengurangi nafsu makan sepanjang hari dan Anda tidak akan kelaparan saat makan siang. Sarapan manis akan meningkatkan kadar gula darah Anda dan bahkan dengan cepat membuat Anda lebih lapar, terutama keinginan untuk karbohidrat dan rendah energi, ”katanya.

Makanan yang Cocok untuk Sarapan

Sahaya menyarankan untuk memulai hari Anda dengan lemak (kacang-kacangan, alpukat, ghee, biji-bijian, dll) diikuti dengan sarapan kaya protein. "Ini menjaga kadar gula darah Anda dan mengurangi mengidam makanan sepanjang hari," ucapnya.

Terkait hal itu, Pradhan mengatakan bahwa meskipun benar bahwa makanan tinggi protein dan lemak di pagi hari membantu menstabilkan gula darah, apakah Anda harus khawatir tentang menstabilkan gula darah Anda secara aktif atau tidak, mengingat kondisi kesehatan setiap orang berbeda.

“Orang yang tidak menderita diabetes, sehat secara metabolik, dan tidak memiliki resistensi insulin pasti dapat menikmati karbohidrat sehat seperti madu dan buah-buahan untuk sarapan jika mereka mau," jelasnya.

"Preferensi pribadi juga harus diperhitungkan — kita harus mencoba menikmati makanan kita dan mendengarkan tubuh kita. Beberapa orang dengan masalah kortisol dan stres mungkin sebenarnya mendapat manfaat dari beberapa karbohidrat sehat yang membantu menghilangkan stres di pagi hari, sambungnya.

Akan tetapi di sisi lain, ahli gizi menyoroti bahwa konsumsi gula dan karbohidrat yang berlebihan bukanlah ide yang baik, meskipun metabolisme Anda saat ini sehat karena dapat memperburuk kesehatan Anda dalam jangka panjang.

“Anda ingin selalu memiliki protein dan lemak yang cukup dalam makanan Anda yang membuat Anda kenyang dan mengatur gula darah Anda. Seringkali, Anda memiliki kecanduan gula atau menggunakan 'makan emosional' yang membuat Anda terus-menerus mendambakan gula, jadi mendengarkan tubuh Anda tanpa memperhatikan apa yang ditunjukkan oleh penanda kesehatan Anda juga bukan ide yang baik, ”katanya.

Kesimpulannya, pilihlah sarapan pagi yang sesuai kondisi tubuh masing-masing. Termasuk menghindari makanan dan minuman di atas saat perut kosong jika terkait dengan kesehatan Anda.

Pilihan Editor: Hindari Makan Pisang saat Perut Kosong, Ahli Diet Ungkap Alasannya

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."