Hindari Makan Pisang saat Perut Kosong, Ahli Diet Ungkap Alasannya

Ilustrasi pisang terlalu matang. Unsplash/Elena Koycheva

kesehatan

Hindari Makan Pisang saat Perut Kosong, Ahli Diet Ungkap Alasannya

Minggu, 8 Mei 2022 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pisang salah satu buah yang kerap disantap saat sarapan selain alpukat atau apel. Kebanyakan orang mencampurnya dengan bahan lain untuk dibuat smoothie, dipadukan dengan roti atau oatmel. Lantas, muncul pertanyaan amankah makan pisang saja dalam kondisi perut kosong?

Beberapa ahli menyarankan sebaiknya menghindari makan pisang saat perut kosong, termasuk ahli diet asal New York, Jennifer Maeng, MS, RD. Pertimbangannya berdampak pada kondisi gula darah.

"Tubuh Anda secara alami meningkatkan gula darah Anda di pagi hari dan jika Anda bukan penderita diabetes, tubuh Anda akan membuat lebih banyak insulin untuk menyeimbangkan gula darah Anda," jelasnya dikutip dari laman Well and Good.

Untuk alasan tersebut, pagi hari atau dengan perut kosong bukanlah waktu terbaik untuk makan makanan tinggi karbohidrat sederhana dan rendah serat seperti pisang.

Ia juga mengungkapkan pentingnya melihat umur simpan pisang. Maeng mengatakan bahwa pisang mengandung lebih banyak pati resisten (seperti serat). Kandungan tersebut terus meningkat dari pisang mentah ke matang.

“Saat matang, kandungan seratnya berkurang, membuat pisang kebanyakan gula sederhana, sehingga dapat meningkatkan gula darah Anda dan berpotensi menyebabkan kelebihan gula atau kelelahan ringan.”

Jadi, meskipun mungkin tampak seperti ide bagus untuk makan pisang kuning cerah untuk camilan siang hari atau 30 menit sebelum berolahraga, Anda mungkin sebaiknya memikirkan kembali, sarannya.  

Menurut Maeng, saat terbaik makan pisang dengan memadukannya dengan makanan lain dan memakannya pada waktu yang tepat pula untuk menghindari efek kelelahan lonjakan gula yang tidak diinginkan. Pisang juga mungkin membantu Anda tertidur lebih cepat di malam hari.

“Serat, protein, dan lemak dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam tubuh Anda, mencegah lonjakan, dan penurunan gula darah yang tajam,” jelas Maeng.

“Kadang-kadang tubuh Anda dapat memproduksi terlalu banyak insulin setelah makan karbohidrat sederhana yang besar [seperti pisang], membuat gula darah Anda turun terlalu rendah. Reaksi ini dapat menyebabkan lebih banyak mengidam gula saat tubuh Anda mencoba membawa gula darah Anda kembali ke tingkat yang aman," tambahnya.

Jadi, jika Anda ngidam makan pisang di pagi hari, Maeng menyarankan untuk memadukannya dengan selai kacang atau mencampurnya ke dalam smoothie protein Anda.

Baca juga: Cara Unik Ratu Elizabeth II Makan Pisang, Dibantu 2 Alat Makan

WELL AND GOOD