Cara Menyimpan Brokoli agar Tetap Hijau dan Renyah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi brokoli. Foto: Freepik.com/8photo

Ilustrasi brokoli. Foto: Freepik.com/8photo

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBrokoli adalah salah satu sayuran silangan yang paling populer. Penuh serat dan vitamin, brokoli sangat baik untuk Anda. Ini juga merupakan contoh bagus dari makanan sehat yang rasanya enak. Anda dapat memanggang, merebus, mengukus, bahkan menggoreng brokoli. Untuk merasakan kelezatan dan mengoptimalkan gizi dari brokoli, memperhatikan cara menyimpan brokoli salah satu langkah yang tak boleh dilewatkan.

Ketika rona hijau cerah telah memudar menjadi kuning atau coklat, berarti itu tanda brokoli rusak. Untuk mendapatkan umur terpanjang dari brokoli, pilihlah dengan bijak di toko bahan makanan. Cari kuntum yang berwarna hijau seragam dan padat tanpa bau, perubahan warna, atau kelembutan yang mencolok. Saat Anda membeli brokoli segar dan menyimpannya dengan benar, brokoli bisa bertahan hingga lima hari di lemari es. Yuk, kita simak cara menyimpan brokoli utuh, potong, hingga cara membekukan brokoli.

Cara Menyimpan Brokoli Utuh

Brokoli segar harus disimpan di lemari es. Laci di kulkas adalah tempat yang bagus untuk menyimpannya. Brokoli menyukai sedikit ruang bernapas, jadi hindari membungkusnya terlalu rapat di dalam plastik atau diletakkan di laci yang penuh dengan buah dan sayuran lainnya. Mengapa? Brokoli melepaskan gas etilen. Menjebak brokoli di ruang sempit dapat mempercepat proses gas ini memecah sayuran segar, menyebabkannya lebih cepat membusuk.

Jika brokoli Anda lembap dari toko, atau jika Anda membilasnya, pastikan sudah benar-benar kering sebelum didinginkan. Kemudian, masukkan brokoli yang bersih dan kering secara longgar ke dalam kantong plastik yang disertakan dengan atau tanpa tisu untuk menyerap kelembapan berlebih. Terakhir, simpan di laci atau bagian belakang lemari es Anda, agar tetap dingin dan memiliki sedikit ruang untuk bernapas.

Anda juga bisa menyimpan brokoli utuh segar dalam wadah kaca atau stoples. Setelah Anda membilas dan mengeringkan kepala brokoli, isi gelas atau toples dengan satu inci air.

Masukkan batang brokoli ke dalam stoples, dan masukkan semuanya ke dalam lemari es. Tentu, ini akan terlihat seperti Anda memiliki buket brokoli di lemari es Anda, tetapi opsi ini membuat batangnya tetap terhidrasi, yang membuat brokoli tetap segar. Jika Anda ingin mengganti air setiap hari, pastikan Anda menutupi kepala brokoli secara longgar dengan kantong plastik jika mau.

Baca juga: Resep Hari Ini, Brokoli Panggang Bawang Putih Parmesan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."