Kreasi Resep Salad Brokoli yang Lezat dan Renyah, Cocok untuk Menu Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Salad brokoli/Foto: Instagram/Fillipo Berio

Salad brokoli/Foto: Instagram/Fillipo Berio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tinggalkan sejenak salad kentang dan telur, cobalah salad brokoli untuk musim panas. Warnanya hijau, menarik, renyah, lezat, dan sangat serbaguna. Kreasi resep salad brokoli adalah makanan pendamping super mudah yang akan Anda nikmati sepanjang musim. Kelebihan salan brokoli lainnya ialah bisa ditambahkan sebagai menu diet. 

Salad brokoli cepat dibuat, dan dapat dipadukan dengan berbagai macam hidangan piknik, barbekyu, dan seadanya. Brokoli renyah dan menyegarkan untuk dinikmati mentah, tetapi jika Anda lebih menyukai tekstur yang lebih lembut, segera rebus kuntum brokoli Anda dan tepuk-tepuk sayuran hingga benar-benar kering sebelum dibalut. Kuntum brokoli yang sudah dipotong membuat persiapannya lebih cepat, dan sisa brokoli yang dikukus atau dipanggang juga bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Untuk kerenyahan, topping salad apa pun yang Anda sukai bisa ditambahkan mulai dari biji wijen atau quinoa, potongan pangsit, mie ramen mentah. Beberapa orang menyukai unsur manis dalam salad brokoli, seperti craisin, kismis emas, atau ceri kering. Anda juga bisa menambahkan parutan wortel atau kubis ungu untuk tambahan sayuran, atau untuk mengolah sisa makanan menjadi salad baru yang segar.

Kreasi Resep Salad Brokoli

Bahan-bahan

1/2 cangkir minyak zaitun extra virgin

¼ cangkir cuka (seperti cuka anggur putih, cuka anggur merah, cuka sari apel, atau kombinasinya)

1 sendok makan mustard dijon

1 siung bawang putih, kupas

1 sendok teh madu

1 sendok makan bumbu Italia

1/4 sdt garam dan merica, sesuai selera

1 buah brokoli, cuci bersih dan potong kuntum

1/4 cangkir peterseli, cincang (atau bumbu lainnya)

¼ cangkir kacang cincang (seperti kenari, almond, atau pecan)

1/4 cangkir keju feta

Cara Membuat: 

1. Siapkan  food processor, blender, atau mangkuk berukuran sedang, tambahkan minyak zaitun, cuka, mustard, bawang putih, madu, bumbu Italia, garam, dan merica untuk membuat vinaigrette. Blender atau kocok hingga tercampur.

2. Tambahkan brokoli kering ke dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk dengan peterseli, kacang-kacangan, dan keju. Tambahkan vinaigrette dan aduk. Bumbui dengan garam dan merica. Biarkan salad terendam setidaknya selama 10 menit di lemari es sebelum disajikan.

3. Aduk salad lagi untuk mencampurkan sausnya. Sajikan dengan keju ekstra, elemen renyah, dan lada segar serta rempah-rempah di atasnya.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Tofu yang Cocok Jadi Menu Kudapan, Mengandung Zat Besi dan Kalsium

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."