7 Sayuran Berserat Ini Bisa jadi Menu Diet Simpel dan Praktis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memegang wortel. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita memegang wortel. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan dari Anda sudah tahu bahwa mengonsumsi serat dalam jumlah yang baik itu penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan, tetapi apakah kita benar-benar tahu mengapa? Pakar nutrisi, Meghan Novoshielski MS, RDN, menjelaskan: "Makan lebih banyak sayuran berserat tinggi adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan orang untuk kesehatan mereka." 

Dia menambahkan, "Serat membantu menurunkan berat badan, menjaga gula darah tetap stabil, melindungi kesehatan jantung dan pencernaan, dan memicu mikrobioma usus yang sehat." Dan sementara banyak sayuran mengandung serat dalam jumlah yang cukup, Novoshielski mengatakan bahwa aturan praktis yang baik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan mengonsumsi sayuran yang warnanya lebih gelap, seperti bit, dan sayuran berdaun gelap.

The American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa makan antara 25 hingga 30 gram serat per hari, tetapi karena banyak orang tidak mendapatkan cukup sayuran dalam diet hariannya, Novoshielski merekomendasikan untuk menambahkan bahan berserat tinggi (seperti sayuran) ke dalam makanan Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan brokoli dan bayam di atas pizza, atau menambahkan zucchini dan tomat ke telur dadar atau frittata.

Ingin tahu sayuran berserat tinggi mana yang bisa ditambahkan ke dalam menu diet Anda? 

1. Wortel

Tahukah Anda bahwa satu porsi wortel rebus mengandung lebih banyak serat daripada wortel mentah? Tapi jangan khawatir, itu tidak banyak — secangkir wortel rebus mengandung 5 gram serat, sedangkan wortel mentah berukuran sedang mengandung sekitar 2 gram. Apakah Anda menambahkannya ke salad, kari, atau mencelupkannya ke dalam hummus yang lezat, wortel adalah sayuran yang enak untuk dimiliki setiap minggu karena sangat serbaguna.

2. Brokoli

Tidak mengherankan jika brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat untuk ditambahkan ke dalam diet Anda. Katherine Gomez, ahli diet terdaftar, mencatat: “Hanya satu cangkir brokoli yang mengandung sekitar 5 gram serat. Ini juga mengandung antioksidan dan vitamin C, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan menurunkan risiko penyakit kronis.”

3. Kembang kol

Kembang kol mirip dengan brokoli karena mengandung banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat, tetapi tidak mengandung banyak serat. Faktanya, ada 2 gram serat dalam secangkir kembang kol, yaitu sekitar setengah dari jumlah yang Anda temukan dalam porsi brokoli yang sama. Meski begitu, kembang kol masih merupakan sayuran yang enak untuk ditambahkan ke makanan Anda dan sering dimakan.

4. Terong

Jika Anda menyukai Parmesan terong atau terong isi, Anda akan senang mengetahui bahwa hidangan tersebut mengandung serat dalam jumlah yang baik. Sama seperti kembang kol, terong mengandung sekitar 2 gram serat per cangkir.

5. Bit

Bit dianggap sebagai pencahar alami, dan itu pasti karena seratnya tinggi dengan 4 gram per cangkir. Baik Anda memotongnya untuk keju kambing dan salad kenari, atau membuat Hummus Merah Muda yang cantik, bit memiliki rasa yang agak manis yang menjadikannya tambahan yang sempurna untuk banyak hidangan.

6. Bayam

Jika Popeye mengajari kita sesuatu, bayam itu bisa membuat kita tumbuh besar dan kuat. Katherine Gomez, RD, mengatakan: "Bayam memiliki sekitar 4 gram serat per cangkir, dan juga mengandung zat besi, yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah." Nikmati bayam sebagai pendamping, seperti dalam resep Spanakopita Creamed Spinach ini, atau campurkan segenggam bayam ke dalam hidangan pasta favorit Anda.

7. Kacang polong

Ada alasan mengapa kacang polong biasanya menjadi salah satu sayuran pertama yang kami perkenalkan kepada bayi. "Secangkir kacang polong mengandung sekitar 9 gram serat, dan merupakan sumber vitamin B yang sangat baik, yang sangat penting untuk metabolisme energi," kata Gomez.

Pilihan Editor: Resep Salad Rumput Laut Khas Jepang, Bisa Jadi Menu Diet dan Kontrol Gula Darah

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."